Perlu dibaca

Apakah yang dimaksud dengan "ANU" (santai sejenak)

http://www.belajarbahasainggrismandiri.com/2008/09/bincang-bincang-tentang-anu-santai.html
Apa yang dimaksud dengan ANU

ANU sebagai kata ganti untuk kata apa saja

Ada satu kata ganti dalam bahasa Indonesia yang multifungsi, dan bisa menggantikan kata apa saja. Kata ini adalah "ANU". Tidak pernah diselidiki darimana asal kata ANU ini. Sepertinya kata ini muncul begitu saja secara reflek. Kalau ada pembaca yang pernah tahu tentang hal ihwal kata ANU ini. tolong dikirimkan ke saya ya.



ANU sering muncul ketika otak sedang BLANK, ketika kita tidak tahu bagaimana menyebut suatu benda atau situasi. ANU sering muncul juga ketika kita ditanya dengan tiba-tiba atau kaget.
Saya lebih suka menyebut kata ANU ini sebagai bunyi otak seperti juga bunyi Mmmmm..... Eeeeeee........ Nggggg....nggg....ketika kita sedang memikirkan sesuatu.

ANU mewakili semua jenis kata, mulai dari kata benda, kata sifat, kata keterangan, kata kerja. Anu berjasa besar untuk mengalihkan sebuah pertanyaan yang sulit kita jawab. Bahkan ketika saya sedang menulis artikel ini dan seorang teman bertanya..."Sedang nulis apa kamu?" sayapun menjawab "Oooo sedang nulis Anu...."

ANU bisa juga digunakan untuk menutupi sesuatu yang vulgar untuk dikatakan. ANU memang banyak gunanya....meskipun saya sendiri masih belum jelas dari mana asal kata ini. Dan sekali lagi saya mohon informasi dari pembaca seputar ANU ini.

Kata ANU dalam Bahasa Inggris menggunakan istilah so and so. Kata so and so sering digunakan untuk menggantikan seseorang yang tidak diketahui namanya, misalnya :
  • Did You speak to Mr so-and-so ?
  • Who are you ? I am so-and -so. I am your neighbor.





Comments

menurutku ANU itu asalnya salah bahasa sehari-hari masyarakat jawa, termasuk didaerah saya. Hal ini juga saya temukan di daerah2 lain yang orangnya berasal dari sana, bahkan pernah saya temukan di acara2 yang sangat formal kata2 ini sering muncul,
di palembang sendiri orang yang bilang ANU pasti udah ketauan kalau dia orang jawa,, hehehe termasuk saya dalam keadaan formal masih sering bilang ANU,,,
umar said…
"ANU" = "NGANU" (Bahasa Jawa)Kedua kata tersebut kerapkali digunakan ketika seseorang mendapatkan pertanyaan yang tidak atau belum diketahui jawabannya atau bisa juga memiliki jawaban yang bersifat majemuk. Setiap pertanyaan dengan jawaban kata "anu" atau "nganu" tidak dapat disamakan makna dan tujuannya, karena bergantung pada situasi yang sebenarnya terjadi,jiwa orang yang ditanya, posisi/jabatan penanya dan sebagainya.
Barangkali anu mas, eeee...itu pendapat saya.
whiteseito said…
Anu mulai muncul pada masa PENJAJAHAN JEPANG, kata Anu berasal dari Kata "Ano.." yang memiliki kurang lebih arti sama, menjelaskan semua kosa kata.. kadang berarti maaf dll

contoh jepangnya

"ano.. sumimasen.. ue no eki wa doko desu ka?"

wen said…
@Alnect, Umar, dan whiteseito. Terima kasih atas informasinya, ternyata kata Anu ini memang perlu digali lebih banyak karena cukup menarik. Kalau diduga dari Bahasa Jepang bisa juga demikian, tetapi perlu dicari info, apakah sebelum kedatangan Bangsa Jepang pernah ada kata "anu" di literatur-literatur?