Perlu dibaca

Pelajaran 2- GRAMMAR

http://www.belajarbahasainggrismandiri.com/2008/09/pelajaran-2-grammar.html
Grammar
Grammar adalah serangkaian peraturan yang terstruktur yang mengatur komposisi dari klausa, frasa dan kata yang terdapat dalam setiap bahasa. Grammar selalu ada dalam setiap pembelajaran bahasa apapun dan berguna untuk mempelajari bagaimana sebuah kalimat disusun. Secara awam, tata bahasa bisa digambarkan sebagai sebuah gerakan yang diperlambat (slow motion) sehingga orang yang melihatnya (baca : Mendengar / membaca) bisa melihat setiap bagian dengan lebih teliti.

Grammar atau tata bahasa. Dalam pengajaran bahasa Inggris selalu ada 2 pendapat




Grammar tidak perlu

Hal ini ada benarnya karena kita sebagai pemakai bahasa Indonesia juga tidak mengerti grammar sampai kita paham hal itu dari sekolah. Begitu lahir kita langsung diajak bicara tanpa pernah tahu tentang grammar, toh kita bisa juga lancar bicara dalam bahasa Indonesia. Tapi cara seperti ini memerlukan lingkungan yang mendukung. Jika kita mau memakai cara ini adalah dengan secara langsung memasuki lingkungan yang berbahasa Inggris sepenuhnya dalam jangka waktu tertentu.

Grammar itu perlu.

Hal ini didasarkan pandangan bahwa bahasa Inggris yang kita pelajari adalah sebagai bahasa asing (bahasa ke dua). Oleh sebab itu kita perlu tahu dulu bagaimana menyusun kalimat menurut aturan yang ada dalam bahasa Inggris.
    Kita bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut disesuaikan dengan lingkungan kita berada. Dalam blog ini saya akan beracuan dari pendapat ke dua dengan alasan bahwa tidaklah mungkin belajar bahasa Inggris tanpa grammar. Karena bagaimanapun grammar adalah bagian dari bahasa Inggris atau bahasa apapun di dunia ini. Yang perlu kita pelajari secara bertahap adalah mengapa native speaker (penutur asli) dalam bahasa Inggris bisa bicara dengan grammar yang tepat tanpa harus secara khusus belajar tata bahasa ? Jadi kesimpulan sementara saya adalah bahwa dalam belajar bahasa Inggris kita tidak bisa mengabaikan pelajaran tata bahasanya, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana mengajarkan pengetahuan tentang tata bahasa ini secara bertahap dan alami, dan nantinya pengetahuan tersebut tidak menghalangi pembelajar bahasa inggris untuk bisa berbicara spontan, otomatis, tanpa berpikir, dan dengan mudah ketika terlibat dalam percakapan nyata yang penggunaan katanya tidak terprediksi seperti ketika latihan, berlangsung cepat, dan waktu untuk berpikir yang sangat minimal.

    Jadi ingat dan perhatikan grammar dengan sangat teliti di waktu latihan, dan lupakan grammar ketika mulai terlibat dalam percakapan nyata. Tujuan latihan dengan grammar adalah untuk mencapai tahap otomatisasi dalam menyampaikan sebuah maksud dengan kalimat berbahasa Inggris.

    Dan di sini (di blog ini) kita akan belajar lebih dahulu tentang teori grammar secara praktis.





    Comments

    Anton said…
    Yaps, grammar sangat perlu sekali. Grammar saya jelek sekali mas..
    bolex said…
    stop studying grammar, grammar is harmful and useless..Aj.Hoge
    bolex said…
    stop studying grammar...grammar is harmful and useless..Aj.Hoge
    Anonymous said…
    klo msalah sya selain di grammar lebih kpd listening nya............ni tantangan bgi seorang interpreter.......mohon dukunganya
    Anonymous said…
    memang seru berdebat tentang bagaimana cara menguasahi bahasa asing dengan cepat. Saya rasa tergantung bakat orang masing2, karena beda orang beda cara, tinggal dipilih saja, ada yg pake grammer ada pula yg cuek dgn grammer, tetapi setidaknya ada 4 komponen yg bisa kita dalami tentang bahasa : 1. Membaca 2. menulis. 3. mendengar. 4. berbicara. klu mau lewat tol coba saja klik di http://www.alcacomm.com mudah2an ada jawaban yang menggembirakan. salam sukses semua.
    Anonymous said…
    duh sory yaa... gw pengen B3R4K (e'e'] kalo lihat yang ini "Rahasia memaksimalkan penghasilan blog anda"
    produk J#k# s#s#l# weh.... prodok s@mp#h tao ga... sih....