Perlu dibaca

Tentang do-does / s-es

Pada pelajaran 23 ada tiga pertanyaan yang sering ditanyakan para pembelajar bahasa inggris sebagai berikut:
  • Bagaimana dan mengapa kok tiba-tiba muncul DO-DOES dalam kalimat negatif?
  • Mengapa DO-DOES tidak muncul dalam kalimat positif?
  • Mengapa dalam kalimat yang menggunakan subyek orang ke-3 tunggal (he-she) harus menggunakan tambahan S/ES dan harus hilang ketika DOES muncul dalam kalimat negatif?
Dulu ketika saya menanyakan kepada guru smp saya, beliau mengatakan bahwa ini adalah peraturan dalam bahasa Inggris, dan memang sudah begitu dari sononya, dan pertanyaan MENGAPA tidak terjawab.
Saya belum tahu apakah analisa saya ini benar, tapi coba kita lihat pendapat saya sebagai berikut :

1. Sebenarnya dalam kalimat positifpun ada kata kerja bantu DO dan DOES, misal
  • I do go to the town
  • She does work in the restaurant
  • Shinta does play the piano well
2. Dalam penggunaannya sehari-hari kata bantu ini tidak disebutkan dan tersembunyi, hanya sekali-sekali muncul untuk menyatakan penegasan.
  • I do love You ( saya sungguh mencintai kamu)
  • I do make it happen
3. Do dan does muncul dalam kalimat negatif dan positif, tentunya tidak mungkin do dan does muncul begitu saja tanpa sebelumnya ada dalam kalimat positif.

4. Dalam kalimat positif yang menggunakan subyek orang ke-3 (he/she), kata kerja selalu ditambahkan s/es karena adanya kata kerja bantu DOES yang tersembunyi.
  • Shinta does play piano well menjadi Shinta plays piano well
  • She does work in the restaurant menjadi She works in the restaurant
5. Dalam kalimat positif yang menggunakan subyek orang pertama dan kedua / orang ketiga jamak tidak ada penambahan s/es karena unsur kata kerja bantu yang digunakan adalah DO, bukan DOES.

Jadi hal ini menjawab pertanyaan pembelajar bahasa inggris tentang mengapa harus ada penambahan s/es pada kata kerja yang subyeknya orang ketiga tunggal (pada present tense), dan mengapa do dan does muncul dalam kalimat tanya dan kalimat negatif tetapi tidak terlihat di kalimat positif.

Bagaimana menurut anda?

The Chicago Police Department

Comments

Nice post, lebih cepat mengerti...
Lagi dong tensesnya...
yang perfect dan continuous...
bagi rekan - rekan yang pengen belajar bahasa inggris bisa kunjungi blog gw hue he..he.. promosi ini dia blognya http://englishgrammar-id.blogspot.com/
abdul said…
wow blog nya keren abisss...makasih ya bisa belajar online.gw juga lagi bikin web yang khusus berkecimpung di bidang science, coba dech berkunjung balik. thanks a lot

http://info2biotek.wordpress.com/
Bro Rajawali said…
hi...! saya bro, saya kurang setuju penjelasan tentang Present Simple tersebut, karena masih membingungkan para pelajar pemula, saya lebih setuju jika penjelasan ttg present simple dilakukan secara kronologi mulai dari defenisi,samapi catatan khusus nya ( lengkap ).
wen said…
ok, kita akan terus belajar sama-sama, thanks
Suatmaji said…
EnglisHour.Co.CC
English at Your Mouse Clicks! English Help with Native Speakers! The Fast Track to Learn English! The Linguistic Skills Builder.
mss. x said…
wais, mending baca ni blog dari pada denger guru bhs inggris ngoceh, lebih ngerti :) makasyong bro/mbak/mas/dek/sodara/i/ibuk/bapak/mbah/kek/nek/kak/sob/cuy/dll
erwin yulianto said…
super sekali; analisis tajam.