Belajar Bahasa Inggris dari turis

Belajar Bahasa Inggris yang paling praktis sebenarnya adalah dengan mendatangi dan tinggal di daerah / negara yang berbahasa Inggris. Teman saya yang sewaktu sekolah bahasa Inggrisnya nol putul sekarang dah cas cis cus dan sudah ngomong Inggris seperti selayaknya bahasa ibunya sejak pindah ke Amerika. Belajar dari native speaker dengan mendengar dan praktek langsung ternyata lebih efektif daripada memulainya dengan belajar grammar. Tetapi saya tidak mengatakan bahwa Anda tidak harus belajar grammar. Karena kan tidak semua orang punya kesempatan pindah ke luar negeri. Intinya adalah mau praktek, dan sebaiknya dimulai dengan lebih banyak mendengar. Ketika telinga kita sudah tidak asing dengan Bahasa Inggris, biasanya lidah juga mengikuti.


Salah satu tips yang paling mudah dan murah adalah belajar praktek dengan turis yang berbahasa Inggris. Turis sekarang kan tidak hanya mengunjungi Bali, banyak daerah lain yang juga menjadi jujugan turis. Nah ini kesempatan untuk praktek langsung.

Anda bisa mengawali dengan berkenalan, mungkin topik pertama tentang asalnya, berapa lama tinggal di Indonesia, tinggalnya di mana, dan tawarkan bantuan sesuai kemampuan Anda. Biasanya turis yang tidak sombong senang diajak ngobrol. Lakukan percakapan sebisanya, salah juga tidak apa-apa, tetapi yang penting selama berbicara dengarkan kalimatnya dengan penuh konsentrasi. Pengalaman mendengarkan ini akan membuat Anda terus mengingat kata-kata yang diucapkannya. Keuntungan lainnya ketika Anda menjadi pendengar yang baik, teman turis Anda itu juga akan menganggap Anda sebagai teman ngobrol yang asyik. Jangan ragu untuk bertanya jika tidak mengerti sambil mengatakan bahwa bahasa Inggris anda tidak terlalu jago, dia pasti maklum dan dengan senang hati mengajari Anda. Anda ingat Tarzan ? Lihat Jane begitu senang berkomunikasi dengannya walaupun terbata-bata. Yang penting di sini adalah ketulusan.

Hal penting lainnya adalah jangan menganggap bahwa turis berbahasa Inggris adalah seorang dewa nan modern dan Anda jauh tertinggal dengannya. Ini akan menimbulkan gap yang tidak asyik. Semua orang pada dasarnya sama, cuma bahasanya saja yang beda dan kebetulan Bahasa Inggris dah terlanjur jadi bahasa Internasional. Jadi, coba sajalah dengan percaya diri.

Subscribe to receive free email updates:

23 Responses to "Belajar Bahasa Inggris dari turis"

masarono said...

Nice blog, could I take some articles from this blog? Just 4 sharing. There is a method to learn English Individually. Just check this
http://www.belajaringgris.net/?reg=sarono.atmosuwarno

Sori mas numpang promo. Thaks b4

pelangiholiday said...

ngintip dulu ya...salam kenal saja dan sukses buat mbak.

Jufry Watson said...

Wow... nice blog. perhaps the other I'll do like this. oh ya numpang promo neh
klik juga balik ya n leave komen also because i'am a beginner

http://jufry2u.blogspot.com/

handout said...

terima kasih banyak sudah berbagi,.
moga sukses selalu.
Kunjungi saya ..di..
click this
dan kunjugni juga koleksi kami di..
click this

JavaExotic said...

Yup.. betul banget. Setuju..

Akhmad Akmal Rifqi said...

What a good posting! The main point which need to be underlined is "don't be shy to try" speak up please :)

vist my blog friends:

http://akhmadakmalrifqi.blogspot.com

arashi kensho said...

betul banget tuh..

wen said...

@Masarono : Off course U can

@ Pelangi : Thanks

@ Jufry : Okay Jufry

@ Handout : Thanks

@ Java : Thanks

@ Akhmad : Thanks

@ Arashi : Klop dah..Thanks

edsa said...

hi there :0
we follow ur blog ya :)

sofians said...

BLOG ANDA SANGAT MEMBANTU KITA-KITA YANG PENGEN BELAJAR BAHASA INGGRIS, OKE DEH, TERUSLAH BEKARYA !

manga wallpapers said...

klo gw sih sering chatingan ma orang luar...
tapi gw perlu refensi biar bisa berbahasa inggris dengan baik....

admin said...

Apakah Lidah Anda Susah Berbahasa Inggris ? Ingin Memahami Native Speaker Berbicara Di Film Atau Langsung Berbicara Dengan Mereka ? Ingin Meningkatkan Listening Anda ? Ingin Pandai Menulis Bahasa Inggris ? Ingin Fasih ? Ingin Berbicara Seperti Native Speaker ?

Kata-Kata Professional, Akademis, Indah Dan Unik (Dalam Struktur) Yang Sering Digunakan Native Speaker Baik Dalam Ucapan Atau Tulisan Dan Jarang Sekali Digunakan Oleh Orang Indonesia. Kalau anda mau menggunakannya baik dalam percakapan atau tulisan maka anda akan mudah memahami native speaker dan Bahasa Inggris anda akan kedengaran/kelihatan lebih bagus. Teman atau rekan andapun akan merasa kagum dengan anda bahkan dia akan kebingungan dengan kata-kata yang anda gunakan.

Anonymous said...

Hiii admin, i like your post..
hope i can practice your suggestion for make my english better...

ichwana said...

menarik...

Anonymous said...

trus bagaimana jika harus belajar dengan kondisi lingkungan yang sangat kurang medukung, seperti hanya orang2 rumah atau tinggal dg lingkungan yang hanya orang2 yg tidak mau belajar bhs inggris, sprti perkampungn bgtu,

Anonymous said...

ijin copas ya .. saya tertarik untuk mempunyai banyak artikel tentang belajar bhs inggris ... :-)

FootNote said...

betul betul betul

daniteer said...

alhamdulilah,, salam kenal... dan terimaksih saya belajar banyak dari blog ini....

The Language Institute said...

Good sharing nih! :)
saya belajar inggris by phone, cari partner, or daftar english on call di tempat les, sangat membantu dalam percakapan.

salam kenal bro...
(thelanguageinstitute.blogspot.com)

inggris said...

mantabs mas bro

Tips belajar bahasa inggris said...

Emang bener Mas, bahwa teknik yang paling efektif dalam belajar bahasa inggris adalah mendengarkan dan meniru. Ketika kita sudah terbiasa dengan listening, saya yakin kita juga akan jago dalam speaking dan writing. Banyak cara untuk melakukannya. salah satunya dengan listening dengan media seperti Engliah podcast. Saya tidak tahu mana yang lebih mudah antara belajar listening melalui sejenis ipod atau langsung dari turis asing. Tapi saya yakin jika kita bisa memahami listening dengan baik melalui media sejenis ipod atau dari TV, kita akan jauh lebih baik ketika kita mendengar langsung dari turis aslinya.

Labbay Modjo Lelo said...

aku ingin sekali belajar b.hasa inggris.
tapi selalu lupa kosa kata.
gmna tuch solusinnya

heri said...

ikut media sosial online juga bisa kok kalo mau ngobrol atau diskusi dengan orang luar yang bahasa inggris menjadi ''makanan'' keseharian. Ikutlah forum sosial semacam fb ini di situs www.mylot.com/woheri pasti seru..