Panduan Memilih Kamus Bahasa Inggris

Saat ini kalau Anda pergi ke toko buku, maka Anda akan menemui begitu banyak Kamus Bahasa Inggris dari berbagai pemulis dan penerbit mulai dari harga murah sampai yang mahal. Sebagai pembelajar bahasa Inggris tentu bingung juga menentukan kamus manakah yang terbaik.


Banyak sekali kamus yang telah diterbitkan, pada umumnya tertulis KAMUS LENGKAP BAHASA INGGRIS, atau ada yang judulnya bombastis seperti Kamus Lengkap 10 milyar kata, waduh, gimana menghafal 10 milyar kata ? Jangan terjebak dengan kata LENGKAP, karena pada hakekatnya semua kamus yang dijual di pasaran adalah lengkap, artinya lengkap ada kata-kata mulai dari huruf A-Z, tidak ada kamus yang hanya memuat huruf A-G saja misalnya. Nah bagaimana memilih kamus yang sesuai dengan kebutuhan, ingat.....yang sesuai dengan kebutuhan, bukan yang baik dulu. Berikut ini beberapa saran dalam  memilih kamus :
  1. Sesuaikan dengan kebutuhan. Maksudnnya sesuaikan dengan tingkat kemahiran Anda. Jika Anda seorang pemula, dan tujuannya adalah meningkatkan jumlah kosa kata maka gunakan kamus Dwi Bahasa yaitu Inggris-Indonesia dan Indonesia -Inggris. Kamus Dwi Bahasa yang cukup baik digunakan untuk pemula yang bisa saya referensikan adalah Kamus Inggris-Indonesia yang ditulis oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, penerbit PT. Gramedia. Di kalangan penjual buku bekas disebut dengan "Kamus pelangi". Atau kalau mau dengan budget yang lebih murah bisa juga memilih kamus Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris yang ditulis oleh Prof.Drs.S.Wojowasito dan Drs.Tito Wasito, penerbit HASTA. Kamus Wojowasito yang asli selalu disertai stiker biru yang ditandatangani oleh penerbit. Kamus lengkap yang lain yang cukup baik diterbitkan oleh penerbit Mizan sejak 2004 bisa menjadi pilihan dengan judul A ComprehensiveIndonesian-English Dictionary karangan Alan M.Stevens dan A.ED.Schmidgall-Tellings. 
  2. Jika Anda sudah tergolong pembelajar dengan tingkat mahir, biasanya kamus dwi bahasa tidak banyak membantu perkembangan kemampuan Bahasa Inggris Anda, ini adalah saatnya untuk beralih ke kamus eka bahasa / kamus Inggris-Inggris, di mana entry setiap kata dijelaskan dengan bahasa Inggris, sehingga pemahaman dan kedalaman makna bisa lebih baik. Di sini Anda akan menemui banyak penerbit Internasional seperti Oxford University Press, Cambridge University Press, Chambers, harper Collins, Longman, Macmillan, Merriam -Webster, Houghton Mifflin yang salahsatunya menerbitkan The American Heritage Dictionary of the English Laguage.
  3. Jika Anda termasuk seorang visual yang lebih mudah belajar dengan menggunakan gambar, tidak ada salahnya menggunakan kamus bergambar, walaupun isinya tidak selengkap kamus standar.
  4. Miliki juga kamus tesaurus (kamus sinonim) untuk meningkatkan kemampuan Anda. Yang paling umum digunakan adalah Tesaurus Oxford.
-->


Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Panduan Memilih Kamus Bahasa Inggris"

Maskhur Hidayat said...

nice blog gan
visit back maskhur.com

didik indarta said...

yg msh bngung penggunaan kata yg artiny sama tp beda penyebutanyy, misal house ama home itu untuk kalimat yg gmn bro? mhn pnjlsnny,trims

Irma Afiati said...

terimkasih artikelnya mas.
www.peradabanbangsa.com

Wen said...

@ Didik Indarta :
House dan Home memang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Rumah. Perbedaannya, House merupakan rumah dalam arti sesungguhnya, yaitu sebuah bangunan yang memiliki ruangan2 dan peralatan. Anda bisa mengatakan : This is my house. Tetapi Home memiliki arti lebih dalam, yaitu sebuah tempat yang membuat kita nyaman, entah itu di rumah sendiri, di hutan, di gunung, di sawah, di pasar, di kantor, kalau kita merasakan kenyamananan kita bisa mengatakan : This is my home. Atau I Feel at home. Jadi penting untuk menjadikan our House sebagai Our Home.

@ Maskhur And Irma, thanks for visiting my blog :)

Kamus Online said...

Memilih kamus yang tepat memang penting sekali utk membantu kita belajar bhs inggris. Namun kendalanya biasanya harga kamus cukup mahal. Untungnya sekarang sudah tersedia kamus online yang bisa di dapat secara gratis.

Rach21`s Blog said...

alhamdulillah atas pncerahannya..
thanks a lot.. :)