Perlu dibaca

Pelajaran 72 : Menggabungkan Dua Gagasan (3)

Pelajaran 72 masih tentang menggabungkan 2 gagasan / kalimat :

1. Penggunaan AND......................TOO dan AND SO
  • I like coffe, and Willy does too ------------> And+Subject+auxiliary+too
  • I like coffe, and so does Willy -----------> And+so+auxiliary+Subject
Perhatikan pada kata AND , TOO dan SO yang saya beri warna merah dan biru. Keduanya menggabungkan dua gagasan yaitu I like coffe - Willy likes coffe. Too digunakan sesudah auxiliary verb does, sedangkan so digunakan sebelum auxiliary does. 

Perlu diperhatikan bahwa mempelajari grammar seperti ini dengan hafalan membuat kita bisa mengerjakan ulangan / ujian Bahasa Inggris, tetapi untuk mampu menggunakan dalam percakapan adalah soal pengulangan. Jika kita sudah terlanjur grammar minded, latih patern sederhana di atas dengan mengganti Subyeknya atau mengganti verb dan object. Lakukan latihan tanpa menulis tapi dengan mengganti contoh soal di atas dengan mengucapkan. Tidak perlu proses belajar Anda dipenuhi pikiran, ini kan grammar, bukan percakapan, atau ini penting gak ya, lakukan saja dan lakukan dengan rutin, hal ini akan berguna ketika Anda mulai bercakap-cakap, otak akan memproses kecakapan Anda sesuai input yang Anda berikan.

2. Penggunaan AND .................EITHER dan AND NEITHER

Either dan Neither digunakan untuk menggabungkan dua gagasan / kalimat yang beberbentuk kalimat negatif, seperti contoh di bawah ini : 
  • Karin doesn't like coffe, and Kirana doesn't either ----------> and+subject+auxiliary+either
  • Karin doesn't like coffe, and neither does Kirana -----------> and+neither+auxiliary+subject
Neither merupakan kependekan dari NOT + EITHER, karena itu dalam penggunaan neither, auxiliary verb (dalam contoh : DOES) tidak menggunakan not lagi. 

Coba buat kalimat yang lain berdasarkan contoh di atas, tanpa menulis, ucapkan saja dan lupakan grammarnya. Akhirnya akan menjadi kalimat alamiah bagi Anda.
-->

Comments

Belajar Grammar said…
@ Isnha : Thanks and keep learning