Asal mula Kata OK

Ketika kita mengekpresikan sebuah persetujuan, sering kita menggunakan kata "OK" - "Oke" - "Okay" - dan akhir-akhir ini "Oce" atau "Oc"

Kata ini bersifat universal dan merupakan ekspresi bahasa yang telah dipahami mulai dari kutub Utara hingga Kutub Selatan. Pertanyaannya dari mana kata yang sedemikian meluas ini berasal ?

Berikut ini beberapa teori yang digunakan untuk menjelaskan asal mula kata OK. Saya akan menuliskannya berdasarkan data, tetapi tidak menggambarkan urutan sejarahnya. Jadi urutan di bawah ini bukan bersifat kronologis, tetapi berupa kemungkinan-kemungkinan untuk menjelaskan asal mula kata OK.


Pengetahuan tentang sejarah sebuah kata atau bahasa akan membantu kita memahami  makna yang tertulis dalam sebuah pengetahuan atau buku, karena seringkali sebuah pengetahuan atau bahkan hikmat ditulis dalam bentuk balutan cerita untuk melindungi sebuah pemahaman agar tidak lekang oleh waktu. Menyelidiki kata OK bisa menjadi latihan awal bagi pembaca blog ini yang berminat terhadap pokok bahasan asal-usul kata / etimologi.
  • Kata OK diketahui mulai populer di Amerika Serikat di abad 19.
  • Ada sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa kata OK berasal dari Skotlandia dalam kata "Och Aye"
  • Spekulasi yang lain adalah dari kata "Ola Kala" dalam bahasa Yunani yang berarti "baik".
  • Choctaw Indian memiliki kosa kata "OKE" atau "OKEH" yang artinya adalah 'begitu"
  • Di Perancis terdapat kata "Aux Cayes" (Cayes adalah ungkapan sebuah pelabuhan di Haiti).
  • Kata "Au Quai" dari kata "to the quai" juga berasal dari Perancis.
  • Obediah Kelly : agen angkutan kereta api menulis inisial OK pada dokumen-dokumen yang telah diperiksanya.
  • Penjelasan yang lebih mungkin adalah kemungkinan bahwa OK berasal dari kata "ORL KORREKT" sebuah kesalahan ejaan yang disengaja untuk menimbulkan sebuah joke yang artinya "semua benar" pada tahun 1830 di Amerika Serikat.
  • Referensi tertulis tertua adalah slogan Partai Demokrat (Amerika Serikat) selama pemilihan Presiden tahun 1840. Pada waktu itu kandidat Presiden Martin Van Buren dijuliki "OLD KINDERHOOK" (tempat kelahirannya di New York). Kemudian pendukungnya membentuk club bernama "OK CLUB". Kata OK menjadi cukup terkenal meskipun Van Buren gagal terpilih sebagai Presiden.
  • Teori lain berasal dari kata OK yang digunakan oleh para pekerja di Afrika Barat, tetapi tidak ada keotentikan yang bisa digali.
Nah menurut Anda, dari mana kira-kira kata OK ? 

Ada pertanyaan juga dari penulis blog achaqori.blogspot.com tempat di mana saya mengambil sebagian data untuk referensi penulisan artikel ini : "Dari mana asal terbentuknya simbol OK seperti di bawah ini ?"




-->

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Asal mula Kata OK"

Opan said...

Ooo, gitu ya. OK deh, aku jadi tahu sekarang.

Wen said...

hahaha...ok Pan :)