Cara berbicara dengan bahasa Klingon

http://www.belajarbahasainggrismandiri.com/2013/10/cara-berbicara-dengan-bahasa-klingon.html
Kapal Induk USS Enterprise
Kalian tentunya sudah pernah nonton film dengan genre fiksi ilmiah  Star Trek, yang mengisahkan perjalanan kapal induk masa depan USS Enterprise milik federasi bumi. Kapal ini bertugas menjelajah seluruh alam semesta untuk menemukan bentuk-bentuk kehidupan baru. Dengan teknologi warpnya kapal canggih ini mampu melakukan perjalanan antar bintang dengan sebuah lompatan di kecepatan cahaya. Dengan tag line "Where No Man Has Gone Before" perjalanan USS enterprise dalam film Star Trek telah menjadi sebuah epic yang sama menariknya dengan kisah Ramayana atau Mahabharata.



Dalam seri yang paling original, awak kapal Star Trek terdiri dari Kapten James T. Kirk, Commander Spock (dari planet Vulcan), Dr Leonard McCoy, Letnan Uhura, Chief Engineer Montgomery Scott (Scotty), Letnan Hiraku Sulu, Yeoman Janice Rand, dan Ensign Pavel Chekov. Dari berbagai karakter inilah terjalin sebuah cerita mengenai perjalanan pesawat federasi USS Enterprise NCC 1701 dengan segala sistem yang ada di dalamnya (manajemen, leadership, teamwork, problem solving dsb) serta petualangan yang dialami.

Dalam Star Trek Next Generation, dikisahkan kapal USS Enterprise telah diperbarui dengan USS Enterprise NCC 1701-D dengan awak yang baru yaitu Kapten Jean -Luc Picard dan teman-temannya. Dalam Star Trek Next generation terdapat seorang awak kapal yang berasal dari planet Klingon yaitu Lieutenant Commander Worf. Ini fotonya :


Hal yang menarik adalah ternyata Bahasa Klingon yang digunakan oleh warga Klingon dalam film Star Trek benar-benar dikerjakan dengan serius dan dibuat menjadi sebuah bahasa yang benar-benar nyata dan siapa pun dapat mempelajarinya untuk digunakan sebagai bahasa komunikasi. Berikut ini bentuk dari abjad Klingon :
Bahkan kini ada sebuah situs yang menamakan dirinya Intitut Bahasa Klingon yang memfasilitasi semua orang yang ingin tahu lebih dalam mengenai bahasa Klingon. Kunjungi situsnya di sini : Institut Bahasa Klingon menarik bukan ? Bisa kamu pelajari untuk kesenangan atau bikin komunitas bahasa Klingon dengan teman-temanmu tapi jangan lupa belajar bahasa Inggris.

Contoh bahasa Klingon :
  • Nama saya Bimbim: Bimbim' 'oH pongwIj'e'
  • Saya cinta kamu : qamuSHa'
  • Dia lebih tinggi daripada saya : ghaH woch law' jIH woch puS
  • Hari Sabtu : jaj Soch
Ini kamusnya : Kamus Bahasa Klingon 

Klingon sendiri adalah ras humanoid dari planet Qo'nos. Mereka mengidentifikasi diri sebagai spesies pejuang. Kekaisarannya bersifat militeristik dan berbudaya agresif. Walaupun dalam film Star Trek ada beberapa bangsa dari planet lain seperti Romulan, Vulcan, Borg, Ba'ku dll tetapi hanya bahasa Klingon yang benar-benar dikerjakan dengan serius dan dapat dipelajari sebagai sebuah bahasa.

Tertarik untuk mempelajari Star Trek dan Bahasa Klingon, silakan lanjutkan eksplorasi, Go to Where No Man Has Gone !

Terus belajar dan salam sukses !




Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara berbicara dengan bahasa Klingon"

Shafira Ayu Amalia said...

keren! visit web saya juga ya firaamalia.byethost8.com terima kasih :)

Belajar Inggris said...

Thanks Fira, I've visited Ur blog. That is a nice blog. Keep inspiring.

aldi said...

baru tau saya ada bahasa ini heheh :D aneh