Penyiram tanaman dengan ponsel karya anak SD di Gresik


Artikel kali ini tidak berhubungan langsung dengan pembelajaran Bahasa Inggris, tapi masih berhubungan dengan dunia pendidikan. Semoga menginspirasi BBIM Friends untuk terus belajar dan berkarya.  Sumber artikel dari @ viva.co.id penulisnya Tommy / Adi Wibowo dari Vivanews.


Fatima Ezzat dan Aurumita anak siswa kelas 5 SD di Sekolah Dasar Muhamadyah Manyar, Gresik Jawa Timur berhasil menciptakan alat penyiram tanaman dengan ponsel.

Konsep alat ini bernama Autopot dengan memanfaatkan ponsel bekas untuk menyiram tanaman dari manapun dan kapan saja. Prinsipnya adalah memindahkan energi kimia menjadi energi listrik dan gerak.

Prosesnya, ketika ponsel ditelpon, maka getaran dari ponsel akan mengubah energi gerak menjadi listrik dan selanjutnya akan memberi tekanan pada air.

Ide ini bermula ketika Aurumita yang hobby menanam sering bepergian ke luar kota, dan dia kerap lupa menyiram tanaman. Akhirnya muncul ide untuk bisa menyiram tanaman dari jarak jauh.

Komponennya terdiri dari ponsel bekas, botol bekas, kabel, kartu SIM Card, sedotan, dinamo, selotip, baterai, komponen listrik, dan penyemprot air dari mobil bekas.



Dengan alat ini kini siapapun bisa menyiram tanaman di rumah dari lokasi manapun. Kalau BBIM Friends mau memodifikasi alat ini sebagai alat untuk membangunkan dari tidur di pagi hari (morning call) juga bisa, tapi airnya jangan banyak-banyak :)

Dan Autopot karya Fatima dan Aurumita ini juga menjadi salah satu finalis dari kategori National Young Inventor Award (NYIA) di kompetisi ilmiah yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 14-15 November 2013

Berikut ini video cara pembuatannya :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyiram tanaman dengan ponsel karya anak SD di Gresik"