Perlu dibaca

Selfie - kata ke 2013 dalam kamus Bahasa Inggris Oxford


Perkembangan gadget berkamera memungkinkan seseorang memotret dirinya sendiri di manapun dan kapanpun dalam situasi apapun. Perilaku ini di Indonesia sering disebut dengan foto narsis, sedangkan dalam bahasa Inggris, perilaku ini disebut dengan "Selfie".


Menurut Direktur redaksi kamus Bahasa Inggris Oxford Judy Pearsall, kata "selfie" pertama kali diposting pada bulan September 2002 di forum media sosial Australia.

Kemudian kata ini juga mulai ngetop ketika banyak pemimpin negara di dunia menampilkan foto selfienya di akun Twitter, seperti foto Selfie Presiden Susilo Yudhoyono bersama Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Mohd Najib Tun Abdul Razak yang lagi ramai dibicarakan di Twitter. 

Dalam berita di Kompas.com juga diinformasikan bahwa pihak pengelola Kamus Oxford mengatakan bahwa penggunaan kata 'selfie' telah meningkat sbesar 17.000 persen dalam 12 bulan terakhir. Dan menurut laporan dari Bangkok Post (19 November 2013) kata "selfie" telah menjadi kata ke 2013 dalam kamus Bahasa Inggris paling terkenal tersebut.

Jadi sekarang BBIM Friends juga bisa menggunakan kata "selfie " ini dalam kegiatan memotret diri sendiri atau ketika mengunggahnya ke media sosial.







Comments

Anonymous said…
Ow, gitu. keren. sangat bermanfaat...
Jasa Translate bahasa korea