Mengenang Alat-alat sekolah jaman dulu

Peralatan sekolah dari jaman ke jaman terus berkembang dan variasinya juga makin banyak. Ketika saya browsing, ada banyak artikel menarik tentang peralatan sekolah jaman dulu yang di antaranya dimuat di kaskus, hobijadul shop, sebuah toko online yang menjual barang-barang kenangan jaman dulu. Dan dari berbagai sumber lainnya. Saya posting di sini sebagai kenangan bagi yang mengalami jaman itu, dan pengenalan bagi BBIM Friends Junior yang waktu itu belum lahir atau belum menginjak bangku sekolah.

Penghapus kayu. Terbuat dari kayu yang cukup tebal dan cukup berat dibandingkan penghapus jaman sekarang yang digunakan untuk white board. Penghapus ini cukup berbahaya di tangan seorang guru yang killer, karena sering tiba-tiba melayang jika ada murid yang bandel. Karena waktu itu dominan papan tulis menggunakan kapur, maka akan timbul efek debu berterbangan ketika dilemparkan seperti efek film yang sekarang sering dipake untuk membuat film silat.


Bangku sekolah. Bangku ini cukup kuat dan disediakan laci yang biasanya digunakan oleh murid-murid jaman itu untuk menyimpan sumber energi berupa kacang, permen, kerupuk, dan bahkan bakso. Bagian atas bangku juga memperkenalkan para murid pada seni ukir, karena biasanya sambil mendengarkan guru menjelaskan pelajaran, para murid membuat gambar-gambar menurut kreatifitasnya. Dipastikan di akhir tahun ajaran/kenaikan kelas gambarnya akan full, dan adik-adik kelas akan menikmati hasil karya kakak-kakak kelasnya di bangku tersebut. Seingat saya gambar hati yang ada panahnya paling banyak diukir di bangku-bangku ini.


Botol minum. Nah, ini merupakan botol favourit untuk anak TK-kelas 1 SD di tahun 80an. Gambarnya macem-macem, gambar bunga dan cewek untuk murid perempuan dan gambar super hero atau robot untuk murid laki-laki. Bentuknya seperti termos dan tutup bagian dalamnya juga persis seperti termos, tapi tidak terlalu lama untuk menyimpan panas. Isinya biasanya teh atau air putih.



Penghapus karet. Dua gambar di atas merupakan penghapus karet yang ngetop di tahun 80an dan 90an. Ada yang bergambar huruf atau gambar bendera. Dari sekian banyak alat tulis, penghapus karet merupakan alat tulis yang perputarannya cukup tinggi, penyebabnya hilang atau habis. Karena jika karet penghapus digabungkan dengan alat berikut ini : 


Maka karet penghapus akan menjadi serpihan-serpihan kecil yang menjadi amunisi untuk perang antar kelompok depan dan belakang atau kiri dan kanan.


Rautan kaca. Di bagian belakang terdapat kaca yang kalau pas jam istirahat sering dipakai untuk main sinar-sinaran di halaman sekolah. Dan kalau pas di dalam kelas, murid cewek sering pakai ini untuk dandan dan ngeliatin wajahnya, karena foto selfie belum dimungkinkan waktu itu.


Sepatu warrior. Nah semua murid cowok akan pada bangga kalo pake sepatu ini karena berkesan sportif, kuat dan gagah. Juga bisa menimbulkan image seorang pemain basket walaupun tidak bisa basket. Ciri khas sepatu ini adalah emblem bundar warna putih. Sepatu ini ngetop bareng jenis sepatu seperti dragonfly dan sepatu Bruce Lee. Cuma sepatu Bruce Lee jarang dipakai ke sekolah.

Masih banyak peralatan lain seperti tip-ex, tas koper President, dan penghapus bolpoin yang sering bikin kertas ulangan jadi bolong. Banyak kenangan indah atas barang-barang ini dan nantinya alat-alat jaman sekarang juga akan menjadi jadul pada waktunya, jadi kalau BBIM Friends termasuk seorang kolektor mulai kumpulkan barang-barang di jaman ini, dan liat lagi 10 atau 20 tahun lagi, pasti jadi asyik :)

Kisah Kasih di Sekolah by Chrisye on Grooveshark

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di : FB BBIM

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenang Alat-alat sekolah jaman dulu"