Perlu dibaca

Idiom-idiom paling sering digunakan dalam bahasa Inggris

Idiom adalah ekspresi, kata, atau frasa dengan makna kiasan yang dipahami dalam kaitannya dengan penggunaan umum bahwa ekspresi yang terpisah dari arti harfiah atau definisi dari kata-kata yang dibuat.(wikipedia)

Diperkirakan terdapat sekitar 25.000 ekspresi idiom yang digunakan dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa idiom yang paling sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris.

1. Piece of cake
Idiom ini bukan tentang sepotong kue, tetapi merupakan sebuah frasa yang mengungkapkan bahwa sesuatu itu mudah. Ketika Ahmad Dani menjadi juri idol sering menggunakan ini untuk mengomentari peserta : "Lagu ini saya tahu just piece of cake buat kamu". (Something is very easy to complete)

2.Hit the nail on head
Idiom ini kayaknya sadis banget, tapi arti sesungguhnya adalah mengatakan atau melakukan sesuatu yang sangat tepat / benar.(doing or saying something that is precisely right).

3.You can't judge a book by it's cover
Di status-status facebook kita sering menjumpai idiom ini dimunculkan. Rupanya memang pada dasarnya semua orang tidak ingin dinilai tanpa didengarkan pendapatnya. Frasa ini mengandung nasehat untuk tidak menilai atau menghakimi seseorang berdasarkan penampilan luarnya.(You should not decide upon something based just on outwards appearances).

4.Cost an arm and a leg
Sepintas seperti harga sebuah lengan dan kaki. Frasa ini mengungkapkan bahwa sesuatu / benda bernilai sangat mahal.(very expensive).

5.Hit the books
Bukan karena lagi stress seseorang kemudian memukuli sebuah buku. Ungkapan ini secara sederhana artinya adalah belajar.(study).

6.Scratch someone's back
Menggaruk punggung seseorang ? Ini sangat mungkin karena kita juga akan kesulitan menggaruk punggung sendiri. Ungkapan ini tentang kemauan untuk membantu orang lain dengan perkiraan bahwa orang tersebut juga akan melakukan hal yang sama di kemudian hari.(to help someone out with assumption that they will return the favor in the future).

7.Break a leg !
Meskipun menggunakan kata patah dan kaki, tetapi ungkapan ini artinya semoga sukses ! Jadi ketika seseorang akan melakukan sebuah tugas atau menempuh ujian sekolah, bisa jadi teman dekat atau pacar akan memberikan sms dengan ungkapan break a leg ! Jika seseorang tidak kenal dekat mungkin akan diartikan sebagai arti yang berbeda.(Good luck!)

8.Let the cat out of the bag
Hal ini mengungkapkan bahwa seseorang meminta untuk membuka sebuah rahasia yang seharusnya dibiarkan tersimpan.(To disclose a secret that was supposed to be kept).

9.Bite off more than you can chew
Ketika kita makan roti atau kue, kadang-kadang tanpa sadar kita menggigit kue yang terlalu besar untuk dimakan, sehingga kita harus berusaha keras untuk menelannya, itu adalah arti literal dari ungkapan di atas. Tapi arti yang dimaksud idiom di atas adalah mencoba melakukan / mengambil pekerjaan yang terlalu banyak untuk bisa kita tangani.(To attempt to take on a task that is too much for you to handle).

10. To have a cast iron stomach 
Perut besi ? apa maksudnya ? Ungkapan ini untuk meyatakan bahwa seseorang tidak masalah untuk minum dan makan apa saja.(To have no problems eating or drinking anything).





Comments