Memahami Mind Mapping (Pemetaan Pikiran)

Mind mapping dipopulerkan oleh seorang pendidik bernama Tony Buzan dalam bukunya "How to mind mapping". Ide dasar dari pembelajaran Tony Buzan adalah sebuah pemikiran bahwa selama ini manusia diperintahkan untuk mempelajari materi-materi ilmu dalam sebuah pelajaran, tetapi tidak pernah diajarkan bagaimana "cara belajar". Dengan ide ini maka Tony Buzan menjadi seorang guru yang tidak memberikan sebuah pelajaran seperti matematika, bahasa inggris, geometri dsb. Tetapi fokusnya adalah mengajarkan cara belajar dan mind mapping merupakan salah satu cara belajar yang dipopulerkan oleh Tony Buzan.

Mind mapping memungkinkan kita terbantu untuk memikirkan sebuah masalah atau membentuk ide-ide baru melalui cara yang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Hal ini membantu banyak orang untuk menciptakan ide-ide kreatif pada bidangnya. Tercatat banyak sekolah-sekolah internasional, perusahaan-perusahaan dan tokoh-tokoh besar berskala internasional telah menggunakan metode pemetaan pikiran ini. Di antaranya Dr Ken Blanchard, Microsoft, dan Boeing.

Prinsip mind mapping bekerja sangat mirip dengan cara bekerja otak manusia. Otak mempunyai sistem percabangan melalui neuron-neuron dan dendrit untuk mengolah sebuah informasi atau melakukan sebuah proses bernalar. Oleh sebab itu ketika BBIM Friends melihat sebuah gambar peta pikiran (mind mapping) maka akan terlihat banyak percabangan dan alur-alur.

Mind mapping bisa digunakan ketika kita ingin memecahkan sebuah masalah, ingin memahami satu pokok bahasan, ingin mengingat sesuatu secara berurutan dan lebih mudah untuk diingat. Mind mapping juga bisa digunakan untuk merencanakan sebuah perjalanan karir atau perencanaan untuk meningkatkan nilai belajar di sekolah dsb.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah mind mapping adalah sebagai berikut :
  1. Spidol warna, semakin banyak warna maka semakin baik.
  2. Kertas / kertas gambar yang tidak bergaris.
  3. Ide atau pokok bahasan yang ingin dibuat mind mappingnya.
  4. Buat mind mappingnya dalam 7 langkah mind mapping.
Sekarang mari kita coba berlatih membuat sebuah mind mapping :

1. Langkah pertama adalah pikirkan sebuah ide atau pokok bahasan. Berikut ini contohnya :
  • Cara membuat jus alpukat
2. Letakkan kertas kosong atau gunakan MS Word yang sudah disiapkan di atas meja atau di layar komputer dan tepat di tengah kertas tuliskan IDE POKOK BAHASAN yaitu CARA MEMBUAT JUS ALPUKAT. Nah mind mapping bukanlah sebuah catatan yang kaku. BBIM Friend bisa berkreatifitas di sini dengan mengganti tulisan CARA MEMBUAT JUS ALPUKAT dengan gambar jus alpukat, atau alpukat, atau foto selfie BBIM Friends dengan segelas jus alpukat :) Hal ini akan membantu BBIM Friends memusatkan perhatian pada ide pokok tadi, dan memang demikianlah cara otak ketika mulai memikirkan sesuatu.

3. Berikutnya adalah membuat mind mapping tentang percabangan yang mungkin dari sebuah ide pokok. Jika ide pokoknya adalah cara membuat jus alpukat, maka percabangan yang mungkin adalah : 
  • BAHAN 
  • CARA
Berarti ada dua cabang besar yang harus dibuat yaitu BAHAN dan CARA. Nah, dari gambar ide pokok tadi BBIM Friends tarik sebuah garis dari ide pokok di tengah (tidak harus garis lurus) ke percabangan yaitu BAHAN dan garis satu lagi ke CARA.

Usahakan agar garis yang dibuat berwarna dan berbentuk khusus, gunakan kreatifitas BBIM Friends untuk membuatnya tampak menarik. Untuk kata BAHAN dan CARA bisa diganti sesuai dengan keinginan, misal dibuat dengan huruf yang menarik atau pake bahasa alay, atau ditulis dengan cara lain seperti material, the way, how, atau "yok opo carane ?" dsb. Buatlah ini sebagai acara bersenang-senang sambil belajar.

4. Langkah selanjutnya BBIM Friends mulai memerinci pembahasan mengenai BAHAN dan CARA tadi ke percabangan yang lebih detail. 

Bahan : 
  • 2 alpukat 
  • susu kental manis rasa coklat
  • es serut secukupnya
Bahan air gula :
  • 500 ml air matang
  • 1 sendok makan gula pasir
Buat percabangan ini dengan cara yang sama seperti di atas. Usahakan warna garis dan betuknya berbeda dari percabangan yang sebelumnya.

Cara membuat : 
  1. Belah alpukat menjadi 2 bagian, ambil isinya untuk dibuang, ambil daging dengan cara dikerok.
  2. Blender daging alpukat dan air gula.
  3. Beberapa saat stelah blender kira-kira 3/4 sudah diblender matikan blender dan masukkan serutan es kemudian blender kembali.
  4. Siapkan 2 gelas, lumuri bagian dalam gelas dengan susu coklat.
  5. Tuangkan hasil blenderan ke dalam gelas.
Kalau dilihat dari keterangan bahan dan cara membuat jus di atas maka untuk pembahasan BAHAN akan ada 2 cabang lagi yang masing-masing akan terbagi lagi menjadi 3 cabang dan 2 cabang yang detail.

Sedangkan untuk pembahasan CARA maka akan ada 5 cabang yang harus dibuat.

Coba buat Mind Mappingnya dan kira-kira bentuknya akan seperti gambar berikut ini : 

Setelah membuat mind mapping ini, maka BBIM Friends akan bisa melihat seluruh proses pembuatan jus alpukat tadi hanya dalam satu kali lihat, tidak lagi berbentuk list. Dan dengan gambar-gambar yang menarik, maka tentunya akan lebih mudah diingat. Jadi ketika kertas dibalik atau ketika BBIM Friends tidak melihatnya, maka gambar mind mapping tadi tetap bisa dibayangkan dengan mudah. Nah kalau ini diterapkan untuk setiap bab pelajaran di sekolah, maka akan mudah mengingatnya pada waktu ulangan di sekolah. Silakan mencoba, kalau ada kesulitan silakan hubungi saya melalui email di wibiwin@gmail.com. Kirimkan pertanyaan atau gambar mind mapping yang telah dibuat, nanti akan saya berikan komentar atau koreksi jika ada kesalahan. 

Selamat belajar 



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Memahami Mind Mapping (Pemetaan Pikiran)"

Daftar Obat Mudik said...

Penelitian tentang mekanisme kerja otak masih berlanjut sampai sekarang. Rahasia tuhan tentang sel otak memang masih jadi rahasia