Perlu dibaca

Kegiatan-kegiatan untuk menstimulasi otak

Latihan otak merupakan cara yang disarankan untuk mengatasi penurunan daya ingat seiring bertambahnya usia. Dengan memberikan stimulasi otak melalui berbagai kegiatan, maka tingkat kekuatan otak akan tetap terjaga. Hal ini sebaiknya juga dilakukan oleh para pembelajar bahasa Inggris di blog ini yang masih berusia muda.

Ada berbagai metode yang akan saya bagikan di blog ini, dan saya akan mulai dengan informasi umum mengenai kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan untuk melatih kekuatan otak.

Kegiatan-kegiatan ini dinamakan brain push up. Brain push up yang umum dilakukan seperti mengisi teka-teki silang, sudoku, scrabble, catur adalah permainan yang sudah jamak dikenal.

Dan berikut ini beberapa metode untuk menstimulasi otak :

Pendengaran

Melatih bagian pendengaran yang langsung berhubungan dengan fungsi otak bisa dilakukan dengan mendengarkan musik atau melakukan diskusi atau perbincangan ringan dengan teman. Atau sediakan waktu sejenak untuk dengan sadar mendengarkan setiap suara di sekeliling BBIM Friends. Dengarkan satu per satu dan nikmati entah itu suara deru mobil, suara orang berbicara, anak kecil yang berteriak, suara angin, bahkan ketika semua suara tersebut bercampur jadi satu, coba pilah dengan pendengaran BBIM Friends. Atau ketika mengendarai kendaraan, coba tutup mata, dan dengarkan suara sekeliling dengan sadar dengan catatan bukan BBIM Friends yang sedang mengemudikan kendaraan.

Ketika mendengarkan sebuah komposisi musik, coba tentukan bagian mana yang ingin didengarkan secara khusus. Misalnya suara bassnya, gitarnya, atau suara drumnya saja. Ini akan memberikan pengalaman baru untuk mengapresiasi sebuah komposisi sekaligus melatih otak melalui pendengaran.

Penglihatan

Lakukan dengan membaca buku, majalah atau apa saja. Temukan bagian-bagian yang menarik dari kegiatan tersebut. Biasanya BBIM Friends akan mendapatkan hal-hal baru yang tadinya tidak diperhatikan.

Menikmati sebuah lukisan, karya fotografi, dan menikmati pemandangan alam yang baru juga dianjurkan dalam rangka melatih otak melalui penglihatan.

Peraba

Bisa dilakukan dengan mengikuti kursus musik, melukis, mengetik, berkebun, memahat, atau membuat sebuah seni patung dari tanah liat. Tekstur yang terdapat pada setiap kegiatan akan melatih otak melalui indra peraba.

Penciuman dan Pengecap

Nikmati bau tanah saat hujan, bau bunga di kebun, atau mengenali dan menghafal berbagai merek parfum kalau tersedia sarananya. Saya sering melakukan ini ketika sedang berada dalam sebuah perjalanan dengan kendaraan terbuka seperti becak yang jalannya perlahan, sama dengan ketika melatih pendengaran, yaitu menutup mata dan mencoba mengingat bau dari setiap daerah yang dilewati, ternyata setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri.

Untuk indra pengecap bisa dilakukan pada waktu makan, coba pisahkan masing-masing rasa dan tentukan ini dari bahan apa, atau coba bedakan teksturnya. Atau merubah tingkat pedas dari makanan yang biasa Anda makan, ini akan menstimulasi otak untuk lebih aktif.

Motorik

Melatih otak melalui kegiatan motorik sebaiknya rutin dilakukan. Karena selain manfaat stimulasinya, kegiatan ini akan membuat tubuh lebih aktif dan segar serta lebih rileks. Kegiatan seperti menari, olah raga,menghafal gerakan senam, atau jurus-jurus pada olah raga bela diri juga baik untuk melatih daya ingat.





Comments