Perlu dibaca

Cara menghafal angka dengan Total Number Technique (TNT)

Saat ini umumnya hampir setiap orang mempunyai ingatan angka sebanyak 11-12 digit untuk nomor handphonenya. Misal angka 081233000208 mungkin karena kebiasaan menggunakan akhirnya bisa dihafal dengan mudah, tetapi bagaimana dengan angka yang baru saja kita temui dan harus dihafal dalam waktu singkat. Misalnya mengingat angka nomor induk mahasiswa ketika tidak ada media untuk mencatatnya.
Metode yang bisa dilakukan untuk melakukan hal ini disebut dengan Total Number Technique. Inti dari Total Number Technique adalah :

Mengubah informasi yang bersifat otak kiri menjadi bersifat otak kanan dengan bentuk, bunyi, angka, dan kode.

Angka yang diterima oleh otak kiri pada dasarnya bersifat jangka pendek (short term), supaya bisa bisa diakses kembali sewaktu-waktu maka angka tersebut perlu diubah bentuknya supaya mudah disimpan di otak dalam jangka waktu cukup lama (long term). Dalam hal ini menjadikannya sebuah informasi yang bersifat otak kanan.

misal : perhatikan angka di bawah ini :

007061780101122104221212

Angka yang cukup panjang bukan ? Dengan menggunakan Total Number Technique maka angka yang bersifat otak kiri dan hanya bisa disimpan dalam jangka pendek jika melihatnya hanya beberapa kali itu bisa diubah menjadi long term (jangka panjang dengan melakukan pemisahan sebagai berikut :

007 (James Bond) - 06 (bola voley) - 1708 (Hari kemerdekaan)- 0101 (Tahun baru) - 12 (sepak bola) -  2104 (Hari Kartini) - 2212 (Hari Ibu)

Cara mengingatnya : James Bond bermain bola voley di hari kemerdekaan dan ketika tahun baru ia bermain sepak bola, demikian juga ketika Hari Kartini dan Hari Ibu.

Tapi tentunya tidak semua angka bisa diasosiasikan secara pas dengan menggunakan benda atau kegiatan yang angkanya  ideal seperti di atas, nah di sini Total Number Technique akan digunakan.

BBIM Friends bisa membuat sendiri sebuah asosiasi sesuai dengan imajinasi yang BBIM Friends sukai.

Misal angka 1 diasosiasikan dengan lidi.
2 = bebek
3 = telinga
4 = kursi
5 = Pengait
6 = orang gendut
7 = Tongkat
8 = Tali mbulet
9 = Kecambah
0 = bola

Jadi ketika harus menghafal angka seperti ini:

2204674

Maka hasil perubahan dari informasi otak kiri menjadi informasi otak kanan akan menjadi seperti berikut ini :

Bebek-bebek bermain bola di atas kursi ketika orang gendut membawa tongkat sambil duduk di atas kursi.





Comments

mas said…
brati kita hrs membuat dan menghafal kalimat penggantinya dulu kl gtu
@mas : Betul. tetapi kalimat penggantinya adalah hal yang mudah diingat (bersifat otak kanan)