Perlu dibaca

Belajar Bahasa Inggris dengan membuat sebuah film pendek

Belajar Bahasa Inggris punya banyak variasi asal kita mau melebarkan pandangan dan paradigma kita tentang arti belajar dan kegiatan belajar. Belajar bukan hanya duduk di sebuah bangku berderet dan mendengarkan seorang guru menjelaskan sebuah pemahaman dan mencatatnya. Belajar bukan pula hanya duduk membaca sebuah buku dan menghafal isinya. Belajar adalah sebuah tarian dalam hidup yang bisa dilakukan dengan berbagai cara asal kita mau terbuka dan tidak terpaku pada suatu metode baku yang tidak bisa diubah karena telah menjadi sebuah dogma.

Belajar adalah sebuah seni untuk memahami sesuatu, dan seni membutuhkan kebebasan untuk bisa diekpresikan ke dalam sebuah bentuk. Membebaskan diri dari sebuah aturan belajar adalah awal di mana kesenangan belajar akan dimulai dan membuat kita bisa hidup dengan kata "belajar" tanpa memandangnya sebagai sebuah keterpaksaan melainkan sebagai sebuah kesenangan yang akan membawa kita pada level demi level pemahaman dan bahkan pencerahan.

Saat ini kemudahan untuk mengekspresikan diri melalui foto dan film dapat dilakukan dengan begitu mudah, kamera sekarang bukan hanya milik fotografer dan tukang foto seperti jaman dahulu. Dan kemudahan inipun bisa dimanfaatkan sebagai sebuah sarana untuk mempelajari dan berlatih bahasa Inggris.

Yang BBIM Friends bisa coba adalah belajar dan berlatih bahasa Inggris bersama teman sekelompok dengan membuat sebuah film pendek. Durasi bisa sekitar 15-45 menit.

Cara ini mungkin pernah BBIM Friends lakukan di depan kelas ketika belajar Inggris dengan bermain peran atau role playing. Cuma sekarang bisa dibuat dengan lebih serius dan dengan perencanaan yang sedikit lebih rumit, tetapi tetap bisa menyenangkan dan menambah semangat untuk belajar.

Yang perlu BBIM Friends lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan sebuah tema yang akan dijadikan film pendek.
  2. Buat atau cari sebuah skenario atau naskah yang akan dipakai sebagai bahan cerita dalam film tersebut.
  3. Tentukan jumlah pemain yang diperlukan dan jadilah sebuah tim untuk film yang direncanakan tersebut.
  4. Tentukan siapa yang jadi sutradara dan crew pembuat film.
  5. Tentukan settingnya, apakah di sekolah, di lingkungan sekitar kota, atau di rumah.
  6. Bagikan peran sesuai karakter yang dibutuhkan dalam film tersebut.
  7. Bagi dialog sesuai jumlah pemeran.
  8. Berlatih dengan dialog tersebut dan dikembangkan menjadi sebuah akting dalam film tersebut.
  9. Mulai buat adegan demi adegan dan diskusikan setiap perkembangannya.
  10. Lakukan editing atau penambahan efek jika BBIM Friends sudah mempunyai ketrampilan dan alat yang diperlukan untuk film tersebut.
  11. Tonton bersama dan diskusikan kelebihan dan kekurangannya, buat perbaikan jika perlu.
  12. Upload di Youtube dan sharekan. 
Berikut ini adalah sebuah contoh dari belajar bahasa dengan cara membuat sebuah film pendek yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Bahasa Jawa di Australia. Judulnya cukup menarik yaitu "Sri Ngilang", dibuat dengan cukup serius dan menghibur. Saya tunggu karya BBIM Friends semuanya :)


Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di : FB BBIM







Comments