7 Cara Terbaik Untuk menambah kosa kata baru

Bagi pembelajar bahasa inggris adalah suatu kewajiban untuk terus berusaha menambah perbendaharaan kata (vocabulary) bahasa inggrisnya setiap hari.

Untuk menambah perbendaharaan kata / vocabulary bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan membaca sebuah buku bahasa inggris dan menandai kata-kata yang belum dimengerti, kemudian dengan lagu-lagu, mengamati kata-kata bahasa inggris di televisi dsb.

Tetapi apa yang harus BBIM Friends lakukan ketika menemui sebuah kata baru ? Dan bagaimana agar kata baru tersebut akhirnya bisa menjadi kosa kata BBIM Friends ?

Berikut ini 7 cara yang sebaiknya BBIM Friends lakukan ketika menemui sebuah kosa kata baru.

1. Picture it (Buat kata-kata tersebut menjadi bentuk gambar).
BBIM Friends bisa membayangkan kata baru yang ditemui dalam pikiran dan gunakan asosiasi agar masuk ke dalam ingatan jangka panjang. Atau cari gambarnya di internet atau majalah dan koran, kemudian tempelkan di sebuah papan "new vocabulary" dan hapus gambar tersebut ketika BBIM Friends sudah bisa memasukkannya daam ingatan jangka panjang.

2. Keep it real (Buat kata-kata tersebut sebagai sesuatu yang nyata).
Cara ini dilakukan dengan menemukan bendanya secara langsung, dan dengan melakukan kontak fisik dengan benda yang dimaksud, maka kata baru tersebut akan lebih mudah diingat dalam ingatan jangka panjang.

3. Tell it like it is (katakan seperti yang sesungguhnya).
Jadi ketika menemui sebuah kata baru misalnya "Overtrain". BBIM Friends bisa membuat sebuah penjelasan tentang bagaimana kata tersebut akan digunakan dalam sebuah kalimat. Misalnya dengan mengatakan : "I did to much push up. I Overtrained"

4. Sing it loud (Nyanyikan atau suarakan dengan keras).
Buatlah sebuah lagu pendek dengan kata baru yang BBIM Friends temui. Kemudian nyanyikan berulang dengan keras. Cara ini akan memberikan kesenangan baru dalam belajar bahasa inggris. Lakukan bersama teman kelompok belajar agar suasana belajar jadi tambah menyenangkan.

5. Introduce couples (temukan kata yang sama atau lawan katanya).
Caraini yaitu dengan segera mencari kata yang sama (sinonim atau homonimnya) ketika sebuah kata baru ditemui. Atau bisa juga dengan mencari lawan katanya. Ketika BBIM Friends memikirkan 2 kata yang berhubungan dalam satu waktu, maka proses mengingat akan jadi lebih mudah.

6. Get Physical (gunakan respon fisik).
Teknik ini dilakukan dengan melakukan gerakan yang berhubungan dengan kata-kata baru yang ditemui ketika mempelajari bahasa Inggris. Misalnya kata-kata yang menggambarkan suatu emosi bisa BBIM Friends lakukan dengan memeperagakannya. Lakukan secara bersama-sama dengan teman belajar, maka ingatan pada moment itu akan tidak terlupakan.

7. The root of the issue (temukan akar katanya).
Contoh dari teknik ini bisa dilihat pada artikel saya sebelumnya yaitu "Asal usul nama hari dalam bahasa inggris". Hubungkan juga kata-kata baru atau akar katanya dengan akar katanya dalam bahasa Indonesia. Cara ini memang cukup berliku dan memerlukan beberapa tahap, tetapi justru proses bertahap itulah yang akan membuat sebuah kata akan tersimpan dalam memori jangka panjang dan akan bisa diakses sewaktu-waktu ketika BBIM Friends melakukan sebuah percakapan bahasa Inggris.

Selamat Belajar
Dapatkan ebook BBIM di : Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di : FB BBIM



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Terbaik Untuk menambah kosa kata baru"