Asal Usul Nama - Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Realitas waktu saat ini baru bisa kita pahami melalui berjalannya detik, menit, jam, hari,bulan, tahun, dan abad. Detik, menit, jam, tahun dan abad dinyatakan dalam bentuk angka. Sedangkan hari dan bulan memiliki nama-nama khusus.






Nama hari yang kita kenal dalam penanggalan  internasional saat ini adalah Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday, Sunday. Dari mana nama-nama hari ini berasal ? Berasal dari bahasa apa dan mengapa disebut dengan nama tersebut ? Mari kita simak asal-usulnya di bawah ini :

Monday :
Berasal dari bahasa Inggris kuno "Monandaeg" (day of the moon) dan merupakan terjemahan dari bahasa latin yaitu Lunae.

Tuesday :
Berasal dari bahasa Inggris kuno "Tiwesdaeg" (Tyr's day). Tyr (baca Tiw, Tew, atau Tiu), adalah dewa petarung dari bangsa Nordic (Nordik)dan dihormati sebagai pahlawan dalam mitologi Norwegia.Nama ini berasal dari bahasa Latin Martis (Day of Mars) yang dalam bahasa Yunani disebut Ares. Mars adalah dewa perang orang Romawi.

Wednesday :
Berasal dari bahasa Inggris kuno "Wodnesdaeg" (day of woden). Woden atau disebut juga dengan Odin. Odin adalah dewa utama bangsa Norway (Norwegia), dan merupakan dewa terkemuka dari bangsa Anglo Saxon di Inggris. Nama ini didasarkan dari bahasa Latin Mercurii (Day of Mercury) yang dalam bahasa Yunani dikenal sebagai Hermes. Dia adalah dewa pelindung dari keuntungan finansial, perdagangan, kepandaian berbicara termasuk berpuisi, pesan-pesan / komunikasi dan ramalan, para penjelajah, batas-batas atau perbatasan, keberuntungan, penipu dan pencuri.

Thursday :
Berasal dari bahasa Inggris kuno "Punresdaeg" (The day of Punor). Punor atau sering dsebut dengan THOR adalah dewa petir bangsa Jerman dan Norwegia. Nama ini berdasarkan bahasa latin IOVIS (day of Jupiter) dalam bahasa Yunani disebut dengan Zeus. Zeus dikenal sebagai  raja para dewa dan dewa langit serta petir.

Friday :
Berasal dari Bahasa Inggris kuno "Frigedaeg" (day of Frige). Frige adalah Dewi kencatikan bangsa Jerman yang merupakan inkarnasi dari dewi bangsa Norwegia Frigg, tapi juga mempunyai hubungan dengan Dewi Freyja. Nama ini berdasarkan bahasa latin Veneris (Day of Venus), dalam nama Yunani dikenal sebagai Aphrodite. Venus adalah dewi kecantikan dan cinta bangsa Roma.

Saturday :
Saturday berasal dari nama dewa Romawi yaitu Saturn yang dalam bahasa latin disebut "Saturni" dan dalam bahasa Yunani adalah Cronus atau Kronos. Berdasarkan mitologi Romawi, Saturn adalah dewa pertama Capitol. Di masa sebelumnya dikenal sebagai "Saturnios Mons" dan dikenal sebgai dewa kekayaan dan pertanian yang secara periodik diperingati dan dirayakan. Dalam mitologi Yunani Saturn adalah pemimpin dan generasi pertama dari para Titan, keturunan ilahi dari Gaia, Bumi, Uranus dan langit.Dia menggulingkan ayahnya dan memerintah selama masa keemasan mitologi (mythological Golden Age), sampai akhirnya dia digulingkan oleh putranya sendiri yaitu Zeus dan dipenjarakan di Tartarus.

Sunday :
Berasal dari bahasa inggris kuno "Sunnandaeg" (day of the Sun) dan merupakan terjemahan dari frasa latin yaitu Solis.

Pahami informasi ini sebagai pengetahuan untuk memperluas wawasan BBIM Friends mengenai nama-nama hari yang terdapat dalam bahasa Inggris. Dan menarik juga untuk dipelajari mengapa Monday diterjemahkan sebagai Senin, Thursday sebagai Selasa dst dalam Bahasa Indonesia ? Apakah berkaitan secara arti atau hanya berkaitan secara urutan ?

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di : FB BBIM




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Usul Nama - Nama Hari Dalam Bahasa Inggris"