Perlu dibaca

Percaya bahwa Anda kreatif adalah langkah pertama untuk menjadi kreatif


Saat ini kita sedang hidup dalam masa peralihan dari kehidupan yang berbasis pada sumber-sumber alam kepada kehidupan yang berbasis pada sumber di dalam diri kita sendiri. Bertahun-tahun yang lalu Bill Gates pernah mengatakan bahwa sumber daya alam terakhir yang harus dikembangkan adalah manusia itu sendiri.


Manusia diciptakan dengan kemampuan tak terbatas, pembatasnya hanyalah kesadarannya sendiri tentang apa yang bisa dicapai. Kemampuan otak kita adalah sumber emas yang belum pernah digali dengan sangat serius seperti manusia menangani sebuah tambang emas.Tetapi dengan membawa komputer super hebat di kepala kita setiap hari, kita tetap terkungkung pada paradigma kelangkaan yang mengakibatkan peperangan, pertengkaran, manipulasi dsb. Kita bangga dengan teknologi gadget terbaru yang kita tenteng, tetapi lupa bahwa di dalam kepala kita terdapat super komputer yang tidak akan pernah bisa kita ciptakan sendiri.

Saya pernah menuliskan tentang prinsip alternatif di salah satu blog saya : Kelangkaan dan alternatif. Di tulisan itu saya memberikan sebuah ide bahwa paradigma alternatif adalah jawaban terhadap kelangkaan dan paradigma alternatif haruslah dimulai dengan sebuah kesadaran bahwa kita adalah makhluk yang kreatif (berdaya cipta).

Lalu bagaimana caranya kita bisa menjadi kreatif ?

Langkah pertama untuk menjadi kreatif adalah Anda harus percaya bahwa Anda adalah orang yang kreatif. Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah menggunakan sebuah penegasan entah lisan atau tertulis untuk mengolah dan memperkukuh keyakinan bahwa Anda adalah seorang yang kreatif.Misalnya dengan mengatakan atau menuliskan bahwa Anda adalah seorang yang kreatif.

Manusia pada dasarnya selalu bertindak dan merasa bedasarkan apa yang mereka yakini benar tentang diri dan lingkungan mereka. Apa yang Anda yakini benar, akan menjadi bagian dari apa yang Anda hadapi dan alami sehari-hari.

Manusia memiliki kecenderungan untuk melihat apa yang ingin dilihatnya. Misalnya Anda melihat tulisan di bawah ini :

4D4 3MP4T
Tanpa diminta saya yakin bahwa Anda akan membacanya sebagai "Ada empat" bukan "empat D empat tiga MP empat T". Persepsi yang muncul ini dipengaruhi oleh harapan yang terdapat di dalam diri Anda. Harapan ini begitu kuat sehingga memengaruhi otak Anda melihat yang Anda harapkan.

Ada sebuah cerita tentang sekelompok ilmuwan yang berkunjung ke sebuah daerah yang dihuni oleh penduduk yang percaya bahwa ujung dunia terletak di ujung sebuah sungai tidak jauh dari pemukiman mereka. Pada suatu saat salah seorang ilmuwan harus pergi dengan menyebrangi sungai tersebut. Dan pada saat tiba di seberang sungai, ilmuwan ini melambaikan tangan ke arah penduduk yang di seberang sungai, tetapi tidak seorang pun yang membalas lambaian tersebut. Mengapa ? Karena mereka bersikukuh bahwa mereka tidak melihat ilmuwan yang sedang melambai dari seberang sungai, padahal rekan-rekan ilmuwan ini dapat melihatnya dengan jelas. Keteguhan mereka tentang apa yang mereka yakini telah mengubah persepsi mereka tentang realita.

Begitu pula ketika Anda ingin menjadi kreatif, hal itu akan memengaruhi otak Anda untuk menjadi kreatif. Ketika Anda percaya bahwa Anda kreatif, maka Anda akan percaya pada nilai dan ide Anda dan selanjutnya Anda akan memiliki kegigihan untuk mewujudkannya.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di : FB BBIM





Comments