Captcha (cap-ch-uh)


Captcha (cap-ch-uh)merupakan kependekan dari Completely Automated Public Turing test To tell Computers and humans apart (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Hal ini memang bagian dari ilmu perkomputeran tetapi sebagai pembelajar bahasa tidak ada salahnya kita juga mengenal dari seluk beluk captcha ini, karena penggunaannya telah banyak ditemui dalam sebuah sistem web pada waktu kita mendaftar pada suatu aplikasi atau bekontribusi pada sebuah halaman web untuk berkomentar.






Captcha sendiri menurut definisi dari Wikipedia adalah sebuah chalenge-response test (uji tantangan tanggapan) yang digunakan oleh komputer untuk baha sebuah jawaban tidak dihasilkan oleh sebuah robot komputer, tetapi berasal dari manusia.

CAPTCHA berasal dari kata bahasa Inggris "Capture" yang diciptakan oleh oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM) pada tahun 2000.

Captcha adalah kode kode yang berfungsi untuk memastikan bahwa yang mengisi suatu data adalah seorang manusia, bukan seorang robot. Karena komputer tidak dapat membaca capthca tetapi manusia relatif mudah untuk membacanya, untuk itu digunakanlah captcha. Kode captcha terdiri dari banyak sekali kombinasi dan hampir tidak ada yang sama. Dan tujuan dari penggunaan teknologi ini adalah sebagai berikut :
  1. Mencegah comment Spam pada umumnya Pemilik web/blog/dan lain-lain tidak hanya ingin komment webnya terlihat bagus dalam penampilan, kuantitas tapi tentu kualitas.
  2. Mencegah Spam Bot. Bot tak bisa membaca captcha, karena string string pemrogramannya sudah tetap . tak mungkin capthca yang setiap saat berubah dapat dibaca kecuali kalau bot itu berasal dari engine Blog itu sendiri.
  3. Mencegah Flood Siapa Yang Ingin Dia di Flood ? kecuali flood like tp kalau flood kata kata yang tidak pantas banyak lagi siapa yang mau coba ?? (Flood adalah mangirimkan data secara berulang ulang)
  4. Melindungi Pendaftaran Email / User (khusus webmail) Dulu Pernah Kejadian Yahoo dan google diserang semacam bot yang mendaftar email sampai ribuan! ribuan e-mail palsu ! 
Saat ini banyak sekali bermunculan website penyedia Capctha yang membuka lowongan kerja bebas bagi pengguna internet. Pekerjaan ini tentu saja adalah memecahkan kode-kode Captcha yang telah disediakan.

Pekerjaan menulis Captcha diklaim untuk menyelamatkan arsip-arsip penting di seluruh dunia. Yang dilakukan hanyalah menulis kode Captcha kemudian Anda akan dibayar dengan jumlah nominal tertentu karena setiap perusahaan Capctha Company memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Saat ini penggunaan Captcha sudah tidak terbatas pada formulir atau survey online seperti dimasa lampau, penggunaan Captcha kini telah masuk pada sistem komentar, registrasi, bahkan pada sistem keamanan ecommerce juga tidak jarang ditemui penggunaan Captcha dalam sistem billingnya. Hasilnya memang cukup efektif, dalam beberapa tahun belakangan penggunaan program bot untuk menerobos akses sistem semakin berkurang dengan adanya Captcha tersebut.

Kini pengembangan Captcha bahkan telah dibuat dalam bentuk audio yang ditujukan untuk para penyandang tunanetra yang tidak bisa melihat objek Captcha tersebut. Tidak hanya itu, beberapa pengembang Captcha kini juga mulai menerapkan beberapa jenis Captcha dalam bentuk kombinasi gambar. Selain lebih intuitif dan menarik nampaknya jenis Captcha tersebut juga memiliki tingkat keamanan yang lebih baik.

Jadi itu sekilas tentang Captcha dan kegunaannya. Intinya dengan teknologi ini maka sebuah sistem akan menjadi lebih aman, tetapi tentunya juga harus terus dikembangkan karena teknologi para hackerpun juga makin berkembang.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BBIM 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Captcha (cap-ch-uh)"