12 Kata Bahasa Inggris yang paling sering digunakan secara salah

12 kata bahasa Inggris yang sering digunakan secara salah
12 kata yang sering digunakan secara salah
Banyak kata-kata dalam Bahasa Inggris yang sering digunakan secara salah baik dalam penulisan dan percakapan. Kita mempelajari hal ini dalam common mistakes atau confusing words. Atau kita bisa mengetahui dari kebiasaan sehari-hari dari pengguna bahasa inggris dan mempelajarinya.



Berikut ini adalah daftar 12 kata Bahasa Inggris yang paling sering digunakan secara salah :

1. Peruse (membaca dengan teliti).
Peruse digunakan untuk mengekpresikan pemahaman bahwa sesuatu sedang dibahas secara mendalam dan teliti, tetapi kebanyakan penggunan bahasa inggris bahkan penutur aslinya mengira bahwa kata ini digunakan untuk mengekspresikan melihat atau memperhatikan (skim / skimming) sesuatu dengan sekilas / cepat (skim over something quickly).

2. Capital dan Capitol
Capital digunakan untuk menyebut sebuah pusat pemerintahan atau ibu kota, tetapi Capitol lebih spesifik digunakan untuk menyebut gedung / bangunan yang digunakan oleh sebuah pusat pemerintahan.

3. Irregardless 
Kata ini sering diartikan sebagai lawan kata dari regardless (tidak memperhatikan). Tetapi arti sebenarnya adalah Red alert ! (bahaya). Dan kabarnya kata ini sekarang sudah hilang dari kamus Bahasa Inggris. Jadi ketika BBIM Friends mengetikkan kata ini pada sebuah kamus elektronik atau online, artinya tidak ditemukan sebagai Red alert ! tetapi sama dengan regardless.

4. Lightening dan Lightning
Lightening adalah kata kerja yang artinya menerangi sesuatu. Sedangkan lightning adalah kata benda yang mengacu pada kilatan cahaya (kilat) ketika terjadi badai. Kedua kata ini sering digunakan secara terbalik.

5. Lay dan lie
Lay adalah meletakkan sesuatu pada sebuah lokasi dan juga diterjemahkan sebagai berbaring atau membaringkan. Sedangkan lie artinya adalah lebih pada beristirahat dari sebuah kegiatan dan juga diterjemahkan sebagai berbohong.

6. Bemused (kagum / bingung)
Bemused dianggap berhubungan dengan kata amused. Bemused adalah sebuah ekspresi kagum / bingung (puzzled) terhadap sesuatu. Sedangkan amused artinya terhibur / merasa senang terhadap sesuatu.

7. Affect dan effect
Effect adalah kata benda yang mengacu pada sebuah akibat / hasil. Sedangkan Affect adalah kata kerja yang artinya adalah memberikan pengaruh pada suatu hal.

8. Farther dan further
Farther memberikan keterangan mengenai jarak antara dua buah benda atau orang sedangkan further artinya sebuah kemajuan / progress.

9. Complement dan Compliment
Complement bisa digunakan sebagai kata kerja (verb) yaitu melengkapi atau sebagai kata benda (noun) yang artinya adalah pelengkap. Sedangkan compliment artinya adalah untuk mengkomunikasikan sebuah pujian atau penghargaan terhadap sesuatu. Compliment bisa digunakan sebagai kata kerja (memuji / menghargai) atau sebagai kata benda (pujian / penghargaan).

10. Illusion dan allusion
Illusion (ilusi) adalah kata benda yang mengacu kepada pemahaman yang salah terhadap sesuatu yang dilihat atau diyakini. Sedangkan allusion adalah kata benda yang mengacu pada kiasan untuk menggambarkan / menerangkan sesuatu.

11. Flaunt dan Flout
Flaunt artinya memamerkan (menunjukkan sesuatu). Sedangkan flout digunakan untuk mengkomunikasikan ketidaksukaan terhadap sesuatu atau seseorang (mencemooh).

12. Hung dan hanged
Hung adalah bentuk past tense dari kata hang yang artinya menggantungkan sesuatu dengan ada jarak dari tanah / lantai. Sedangkan hanged juga adalah bentuk past tense dari hang yang artinya menggantung / menghukum gantung seseorang.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BBIM



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "12 Kata Bahasa Inggris yang paling sering digunakan secara salah "

peri onstage said...

Mungkin masih banyak lagi kata-kata lain yang salah cara spelling nya.... Untuk kata-kata yang spellingnya hampir mirip, baik dihafalkan, karena lain penyebutan, akan lain pula artinya....
Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

jumarno said...

thanks , memang harus teliti dalam memilih kata untuk menyusun kalimat.. thanks infonya pak...