Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar

BBIM Friends tentunya sering bertanya-tanya, apakah metode / cara tebaik untuk belajar ? Dari sekian metode yang telah kita kenal dan alami selama hidup, manakah cara yang paling efektif ? Apakah satu metode bisa dikatakan lebih baik dari metode yang lain ?


Saya kira pertanyaan tersebut tidak akan terjawab, sama seperti sebuah pohon tidak akan menghasilkan banyak jenis buah, tetapi hanya satu jenis, demikian juga BBIM Friends harus menyadari bahwa setiap orang adalah unik. Masing-masing mempunyai caranya sendiri untuk belajar. Termasuk belajar bahasa Inggris.

Hari ini saya akan mensharekan sebuah pendapat, dan tentunya pendapat ini jangan dianggap sebagai kemutlakan, tetapi sebagai sebuah wawasan, sampai akhirnya BBIM Friends bisa menemukan cara yang paling tepat untuk belajar sesuai karakter dan gaya belajar BBIM Friends masing-masing. Sama seperti seorang pendekar, banyak mempelajari berbagai gaya / jurus, sampai pada suatu tingkat dia akan menemukan gayanya sendiri.

Pendapat tentang gaya belajar ini disampaikan oleh William Glasser. Glasser mengatakan sebagai berikut :
We learn....
  • 10 % of what we read (10% dihasilkan oleh apa yang kita baca).
  • 20% of what we hear (20% dihasilkan oleh apa yang kita dengar)
  • 30% of what we see (30% dihasilkan oleh apa yang kita lihat).
  • 50 % of what we see and hear (50% dihasilkan oleh apa yang kita lihat dan dengar).
  • 70% of what we discuss (70% dihasilkan dari apa yang kita diskusikan).
  • 80% of what we experience (80% dihasilkan oleh yang kita alami).
  • 95 % of what we teach to others (95% dari apa yang kita ajarkan kepada orang lain).
Kita lihat bahwa menurut Glasser bahwa mengajar justru memberikan kita lebih banyak proses belajar daripada cara yang lain. Mengajarkan sesuatu kepada orang lain memiliki proses beberapa langkah yang mengharuskan kita belajar terlebih dahulu, mengalaminya, dan kemudian mengajarkannya.

Jadi tidak ada salahnya BBIM Friends mencoba cara ini ketika mempelajari sebuah pokok pembahasan, misalnya ketika sedang belajar tentang past tense, BBIM Friends bisa mencoba untuk menjelaskan pokok pembahasan tersebut kepada adik atau teman belajar kelompok. Di situ BBIM Friends akan menemui berbagai hal dan bahakan kendala yang akan membuat BBIM Friends lebih paham akan pokok bahasan yang sedang dipelajari.

Intinya adalah mencoba menceritakan kembali pengetahuan yang BBIM Friends punya, ketika muncul pertanyaan dari orang yang BBIm Friends ajar, maka BBIm Firends akan terdorong untuk lebih banyak mengetahui, dan secara tidak sadar BBIM Friends akan mencapai suatu tingkat pengetahuan yang lebih baik dari sebelumnya.

Saya tidak mengatakan bahwa ini metode terbaik, tetapi patut dicoba, atau coba renungkan apa yang dikatakan oleh Glasser. Kira-kira BBIm Friends akan mendapatkan ide atau inspirasi apa setelah membaca pendapat Glasser tesebut ?

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BBIM
Saluran BBM/ BBM Chanel
Search : Belajar Bahasa Inggris Mandiri .
Pin : C0014DCAE




Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar"

Sainsseo said...

betul ,saya setuju dengan ini !!!