18 Kata Kerja Bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kegiatan memasak

Memasak adalah kegiatan yang cukup menyenangkan dan bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama. Meskipun kegiatan memasak lebih bersifat feminin tetapi tidak tabu untuk dilakukan juga oleh kaum pria. Terbukti bahwa juru masak kelas dunia didominasi oleh kaum Adam.



Berikut di bawah ini adalah 18 kata kerja dalam Bahasa Inggris yang paling sering digunakan ketika sedang memasak. Bagi BBIM Friends yang berminat menjadi koki profesional bertaraf internasional tentunya hal ini akan berguna.

1. Crush : Menggerus.
To crush / menggerus digunakan untuk menghaluskan bahan-bahan masakan. Pada umumnya digunakan dalam rangka mempersiapkan bumbu untuk masakan. Padanan kata yang lain adalah merenyak; rambas; meremukkan.

2. Mash : Menghaluskan / menumbuk.
To mash / menumbuk / menghaluskan biasanya digunakan ketika kita sedang menghaluskan kentang.

3. Mix : mencampur.
To mix / mencampur adlah kegiatan dalam memasak dengan tujuan mencampurkan berbagai bahan dalam satu adonan. Kegiatan ini umumnya dilakukan ketika sedang membuat kue.

4. Melt : mencairkan.


To melt / mencairkan. Yaitu melelehkan bahan seperti keju, mentega, coklat dsb di atas wajan yang panas. 

5. Grill : Memanggang.
To grill / memanggang. Daging, ikan, sosis, adalah bahan-bahan yang umumnya dimasak dengan cara memanggang.

6. Simmer : Mendidihkan.
To simmer / mendidihkan / merebus adalah cara memasak bahan-bahan makanan dengan cara merebus bahan-bahan tersebut hingga matang.

7. Peel : Mengupas.
To peel / mengupas. Yaitu kegiatan untuk memisahkan kulit dari isinya. Hal ini merupakan salah satu keahlian dalam memasak yang perlu dipelajari. Ahli memasak biasanya trampil dan ahli untuk melakukannya seperti dalam video berikut ini :


8. Grate : Memarut.
To grate / memarut. Yaitu untuk mengolah bahan makan menjadi bentuk serpihan-serpihan kecil. Umumnya untuk bahan yang ditaburkan di atas makanan seperti keju, kelapa, wortel,dll.

9. Squeeze : Memeras
To squeeze / memeras / menekan digunakan ketika seorang juru masak berusaha mendapatkan sari dari suatu bahan, tanpa bagian daging atau kulitnya. Hal ini umumnya dilakukan pada buah-buahan.

10. Serve : menyajikan.
To serve / menyajikan. Kegiatan ini memerlukan sebuah seni untuk bisa menyajikan hasil masakan secara menarik dan indah. Tujuannya untuk membangkitkan selera makan dan memberikan suasana makan yang lebih bisa dinikmati.

11. Slice : memotong.
To slice / memotong. Seperti halnya pada kegiatan mengupas, memotong juga merupakan sebuah seni dan keahlian yang harus diakuasai oleh para juru masak profesional. Cara para juru masak untuk memotong seringkali menunjukkan tingkat keprofesionalannya. 

12. Stir : mengaduk.
To stir / mengaduk. Yaitu mengolah bahan masakan dengan cara mengaduk di atas api sampai matang.

13. Pinch : mencubit / menjumput.
To pinch / menjumput adalah kegiatan untuk menaburkan sejumlah kecil bahan masakan seperti garam, gula merica untuk menambah rasa dalam masakan. Selain dengan tangan "to pinch" dilakukan juga dengan alat seperti ini :

14. Pour : menuangkan.
To pour / menuangkan. Yaitu kegiatan menuangkan cairan / air / minuman ke dalam cangkir atau gelas. Dalam tradisi upacara minum teh di Jepang, kegiatan ini memerlukan latihan dan konsentrasi serta menjadi sebuah seni dan keahlian yang disebut dengan "The Way of tea". Para ahli di bidang upacara minum teh ini diberi gelar master / Tea master. 

15. Sprinkle : menaburkan.
To sprinkle / menaburkan. Kegiatan ini mirip dengan "to pinch" tapi dalam jumlah yang lebih besar di atas sebuah masakan tanpa membuatnya tercampur seperti pada "to pinch".

16. Carve : mengukir / memahat.
To carve / mengukir / memahat. Biasanya dilakukan untuk memberikan hiasan pada masakan, seperti pada labu, tomat, cabe, semangka dsb. 
Memotong kalkun seperti ini juga disebut dengan "to carve".

17. Spread : mengoleskan.
To spread / mengoleskan. Yaitu mengoleskan bahan pelapis seperti mentega, mayonnaise, keju, selai, pada permukaan roti, pie, dsb.

18. Strain / drain : menyaring
 To strain / menyaring. Yaitu kegiatan untuk menyaring bahan masakan / kue sehingga ukurannya menjadi lebih halus dan lembut dari sebelumnya.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Kata Kerja Bahasa Inggris yang sering digunakan dalam kegiatan memasak"