Perlu dibaca

7 Tips Agar Motivasi Belajar Bahasa Inggris tetap terjaga


Pada waktu kita termotivasi pertama kali untuk melakukan sesuatu, biasanya perasaan menggebu-gebu akan memenuhi pikiran dan perasaan kita. Jika ada orang yang meremehkan atau meragukan biasanya kita akan menentangnya habis-habisan, bahkan kadang perlu waktu berhari-hari untuk berdebat soal tekad bulat ini.




Pada saat itu kita akan merasa bahwa tidak satupun hal di dunia ini yang bisa merintangi. Kita menyiapkan banyak hal. Misalnya tekad itu adalah untuk menguasai bahasa inggris. Mungkin kita akan memborong habis setiap buku bahasa inggris, membeli ebook belajar bahasa inggris, menyusun jadual, mengikuti kursus, dsb. Semua buku mulai dari grammar, conversation, listening, reading, writing kita tumpuk di atas meja dan siap kita lahap. Kita memandanginya dengan rasa puas dan "merasa" telah belajar bahasa inggris.

Tetapi suatu pagi kita bangun dengan perasaan lelah dan menyadari bahwa kita tidak bisa melakukanya. Kita pusing ketika melihat tumpukan buku itu, kita stress dengan jadual yang kita susun, kemudian komitmen untuk menambah satu kosa kata perhari menjadi sesuatu yang membuat perut kita sakit.

Semua pembelajar bahasa pernah mengalaminya. Dan saat-saat itu kita merasa putus asa dan apatis, ujung-ujungnya merasa frustrasi dan kita kembali menjadi "manusia biasa" yang tak lagi termotivasi. Pada saat-saat seperti itu adalah waktu terbaik untuk meninjau kembali motivasi awal ketika kita bertekad untuk mempelajari sebuah bahasa baru.

Yang perlu kita sadari adalah bahwa tidak ada proses belajar bahasa yang bisa begitu cepat, kecuali ada teknologi baru untuk menanamkan software ke dalam otak kita, sehingga kita bisa berbicara dalam semua bahasa di dunia dalam waktu singkat. Semuanya memerlukan proses, komitmen, perbaikan terus menerus dengan motivasi yang tetap terjaga di sepanjang waktu.

Berikut ini adalah 7 tips sebagai pemantau ketika motivasi belajar kita mulai menurun :

1. Harus tahu mengapa BBIM Friends belajar.
Motivasi belajar bisa tetap pada kondisi puncak ketika kita tahu dengan benar mengapa kita mempelajari sebuah bahasa. Apakah kita mempelajari bahasa karena ingin bepergian ke seluruh dunia ? Apakah karena kita ingin meningkatkan karir kita dalam pekerjaan ? Motivasi-motivasi ini bisa dibaca kembali dalam artikel mengenai 12 Motivasi Mengapa Semua orang di dunia belajar bahasa inggris. Coba temukan motivasi yang paling membuatmu bergerak dan bersemangat dan tetapkan itu sebagai acuan pertama.

2. Lakukan  apa yang BBIM Friends cintai /sukai.
Melakukan apa yang Anda sukai lebih memotivasi daripada melakukan apa yang tidak Anda sukai. Ingatlah bahwa semuanya dimulai dari pikiran, ketika pikiran bergerak maka Anda bertindak, dan tindakan Anda akan mengubah apa yang akan Anda alami. Mungkin BBIM Friends ada yang sangat suka untuk memepelajari kata sifat, di pagi hari ketika baru bangun BBIM Friends bersemangat untuk mengambil buku tata bahasa dan mempelajarinya, tetapi ingat bahwa Tata Bahasa / grammar hanyalah alat untuk mempelajari sebuah bahasa, bukan bahasa itu sendiri. Terlalu berkutat di dalamnya kadang malah membuat kita lelah dan kehilangan motivasi. Mungkin yang lebih masuk akal adalah menyatakan bahwa BBIM Friends menyukai film, musik, novel, buku pengetahuan, sastra, budaya, sejarah, dll, Nah, memulai dengan hal-hal ini lebih bisa membuat BBIM Friends termotivasi untuk belajar lebih lanjut. Atau BBIM Friends suka chatting, membuat status di media social dsb, semuanya bisa menjadi sarana untuk bisa tetap termotivasi. Intinya adalah temukan apa yang BBIM Friends sukai kemudian lakukan apa yang kamu sukai itu dengan Bahasa Inggris.

3. Tetapkan sebuah tujuan yang realistis yang dapat dicapai.
Menetapkan tujuan secara bertahap dan sedikit pencapaian lebih baik daripada menetapkan sebuah tujuan "maha karya" tetapi akhirnya membunuh sebuah motivasi. Mungkin BBIM Friends bisa menetapkan tujuan untuk bisa membaca novel ringan dalam bahasa inggris dengan lancar dan memahami isinya dengan baik. Atau melafalkan sebuah lagu dengan pronounciation yang tepat seperti penyanyi aslinya, atau juga dengan tujuan bisa menerjemahkan sebuah cerita pendek dengan baik. Pencapaian-pencapaian kecil ini jika terus dilakukan suatu saat akan membawa BBIM Friends ke suatu titik dan menyadari bahwa hal itu adalah sebuah pencapaian besar.

4. Jangan pernah bertujuan untuk menjadi seorang master.
Kesempurnaan adalah musuh sebuah motivasi. Dalam pembelajaran bahasa, mencoba untuk sempurna justru akan menghambat proses belajar itu sendiri. Hal ini akan membuat BBIM Friends takut untuk melakukan sesuatu dalam bahasa yang BBIM Friends pelajari, mau bicara takut salah, mau menulis takut diledekin teman, mau bikin status di media social takut grammarnya salah dsb. Mengapa ? Karena pikiran dikuasai oleh keinginan untuk sempurna.Seorang pembelajar bahasa adalah seorang yang mau mengambil resiko untuk tampil berantakan, berani bicara walaupun belepotan, berani menulis walaupun grammar kacau balau dan tidak ada yang mengerti tulisan tersebut, bahkan orang Inggris sekalipun. Jangan memaksa diri untuk menjadi yang terbaik, menjadi "cukup baik" sudah merupakan hal yang baik asal tidak berhenti untuk terus memperbaikinya.

5. Mulai bicara dengan orang lain dalam bahasa yang BBIM Friends pelajari.
Hal ini adalah hal yang paling menakutkan bagi seorang pembelajar bahasa. Sama seperti seorang yang belajar sekian ratus teknik Silat atau Karate, tetapi tidak mau berlatih bertarung. Tetapi jika BBIM Friends melakukannya, hal ini akan sangat menyenangkan dan menggembirakan. Cobalah untuk berbicara dengan seorang turis asing, dan amati bagaimana perasaan BBIM Friends setelah itu...pasti akan merasa lebih termotivasi dan bersemangat. Cara terbaik untuk menguasai sebuah bahasa adalah dengan mempraktikkan bahasa tersebut, bukan merenungkan atau mendiskusikannya. Jika BBIM Friends punya teman online dari luar negeri cobalah untuk berinteraksi dengan bahasa mereka. Sama seperti kita bangga jika ada bule atau turis asing memakai bahasa Indonesia, demikian juga mereka akan senang jika BBIM Friends mengajak mereka untuk berkomunikasi dengan bahasa mereka sendiri.

6. Selalu temukan rutinitas yang baru.
Perlu BBIm Friends ketahui, bahwa otak kita berkembang sampai hari ini bukan karena sebuah rutinitas yang tetap, tetapi karena kita mempelajari dan menemukan hal-hal baru. Seorang bayi mempunyai rutinitasnya sendiri, tetapi bayi bisa menjadi orang dewasa karena dalam perjalanan waktunya, seorang bayi terus menerus menemukan hal-hal baru yang membuat otaknya berkembang. Jika BBIM Friends terus melakukan rutinitas yang sama saat mempelajari sebuah bahasa, maka dipastikan tingkat motivasi akan dengan cepat menurun karena otak mengalami kebosanan. Oleh sebab itu cobalah untuk selalu menemukan cara-cara yang baru, hal-hal yang baru, atau sama sekali berhenti dari kegiatan belajar dan melakukan hal yang sama sekali berbeda, hal ini akan membuat BBIM Friends berkembang dan terus termotivasi.

7. Mulai dari sekarang.
Sekarang, adalah saat yang paling tepat untuk memulai ketika BBIM Friends terinspirasi atau termotivasi oleh sesuatu. Menunggu saat yang paling ideal untuk memulai membuat BBIM Friends tidak melakukan apa-apa. Jika BBIM Friends seorang ibu rumah tangga mungkin akan menunggu sampai anak sudah mulai masuk sekolah, padahal anak baru berumur satu tahun. Atau menunggu semua buku lengkap baru mulai belajar. Ingat bahwa untuk memulai belajar, tidak membutuhkan waktu yang lama, mulai mengambil kartu kosa kata dan menempatkannya di samping tempat tidur, dan membacanya setiap bangun tidur satu kata saja sudah membuat BBIM Friends masuk dalam perjalanan panjang untuk menguasai sebuah bahasa.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BBIM






Comments