Perlu dibaca

Belajar Bahasa Inggris Dengan Kamus Anda


Kamus bahasa inggris adalah buku yang wajib dimiliki oleh setiap pembelajar bahasa inggris. Buku ini cukup tebal, mengandung ribuan entry yang bertujuan untuk membantu pembelajar bahasa inggris menemukan terjemahan dari kata-kata yang ingin dipahaminya. Tetapi kadang-kadang buku ini juga menjadi buku yang membuat kita berat untuk mempelajarinya karena isinya yang berurutan dan demikian banyak kata.



Menggunakan kamus bahasa inggris bergambar bisa cukup membantu untuk menghilangkan kejenuhan. Apa yang ingin saya sharekan bukan tentang bentuk kamus bahasa inggris yang harus kita pilih, atau cara memilih kamus bahasa inggris, melainkan tentang bagaimana kita bisa membuat buku ini menjadi lebih menyenangkan sebagai sarana belajar bahasa inggris.

Benar, kamus yang demikian tebal bisa menjadi lebih menyenangkan dan sangat membantu untuk mengembangkan kosa kata jika BBIM Friends menggunakannya untuk belajar secara kreatif.

Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan kamus sebagai sarana pengembangan kosa kata bahasa inggris :

1. Bermain mencari kata di kamus dengan cepat.
Cara ini bisa dilakukan berkelompok, atau dilakukan di kala senggang, atau pada waktu istirahat kantor atau kuliah atau sekolah. Satu orang menjadi penentu kata yang harus dicari, dan yang lain berusaha mencarinya secepat mungkin dan menyebutkan arti dari kata tersebut.Cara ini bisa juga digunakan seorang guru / pengajar bahasa inggris pada kelompok yang diajarnya.

2. Bermain kata-kata misteri.
Carannya adalah dengan memberikan semacam petunjuk (clue) yang harus diterjemahkan oleh pembelajar dan mendapatkan kata yang dimaksud dari kamus.
Misalnya BBIM Friends bisa mengatakan : It is beggining with the 4th letter of  alphabet. It 4th letter is a "T". It content of 10 letters, 4 vowels, and 6 consonants. It 4 syllables long. What is it ?

3. Mengumpulkan kata-kata baru.
Minta murid atau bersama-teman belajar mencari kata-kata baru yang ditemuinya dalam kamus. Tulis kata yang ditemukan sebanyak 10 kata beserta arti dan penjelasan dari kata-kata tersebut. Setelah semua selesai menulis, masing-masing bergantian menyebutkan daftar kata yang dibuatnya berserta arti dan penjelasan dari masing-masing kata yang dibuat dalam daftar. Usahakan menjelaskan kata yang ditemukan dengan kata-kata BBIM Friends sendiri, bisa juga disertai dengan ilustrasi.

4. Menebak ukuran dari kamus.
Minta semua murid untuk menumpuk kamus sampai ketinggian tertentu sesuai jumlah kamus yang terdapat di dalam sebuah kelas bahasa inggris. Minta masing-masing murid untuk menebak ketinggian dari menara kamus yang telah terbentuk. Catat masing-masing perkiraan dan tentukan pemenang berdasarkan ukuran yang paling dekat dengan ukuran sebenarnya. Selain dalam bentuk tumpukan, bisa juga dengan mensejajarkan seluruh kamus dan minta murid untuk memperkirakan panjang dari deretan kamus tersebut. Hal ini bisa meningkatkan keterhubungan dengan kamus, sehingga murid menjadi lebih suka untuk membawa, membaca, dan mempelajarinya. Atau bisa juga dengan membentuknya seperti sebuah deretan kartu domino sebagai variasi.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan membawa buku saja ke manapun tanpa membacanya, merupakan langkah yang baik untuk memulai kebiasaan membaca.

Banyak cara lain yang bisa dilakukan dengan kamus sebagai sarana belajar. Gunakan kreativitas, dan belajar akan menjadi lebih menyenangkan, sekaligus membuat kamus menjadi buku yang menyenangkan untuk dibawa ke mana-mana.

Note : Dalam artikel ini, kamus yang saya maksud adalah semua kamus dalam bentuk buku cetakan, bukan kamus elektronik.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BBIM





Comments