Perlu dibaca

Pelajaran 144 : Percakapan langsung (direct speech)


Percakapan langsung (kalimat langsung) atau direct speech digunakan ketika kita ingin menuliskan atau mengatakan sesuatu dengan mengutip (quotes) perkataan seseorang. Direct speech banyak digunakan dalam kegiatan menulis seperti membuat artikel, cerita, novel, ataupun sebuah karya tulis akademis.




Cara membuat kalimat dengan percakapan langsung dalam bahasa inggris cukup mudah dan tidak terlalu sulit untuk dipahami.

BBIM Friends bisa membentuk sebuah kalimat dengan percakapan langsung dari kata-kata nara sumbernya (orang yang berbicara) sebagai sumber informasi :

Budi : Fast and furious 7 is good action film.
Manda : Yes, That is right. I watched the film twice. How about you ?

Percakapan di atas adalah kata-kata langsung yang diucapkan oleh Budi dan Manda dalam perbincangan mereka. Dan kita bisa mengutip kata-kata tersebut dengan direct speech sebagai berikut :

Budi said, "Fast and furious 7 is good action film."
Manda said, "Yes, that is right. I watched the film twice. How about you ?"

Apabila penjelasannya kita buat dalam bentuk slow motion maka akan seperti ini :

1. Letakkan koma setelah kata said : Budi said,
2. Letakkan tanda kutip dua setelah tanda koma : Budi said,"
3. Tulis huruf pertama dari kata-kata yang diquotes dalam huruf kapital : Budi said,"F
4. Tulis seluruh kata-kata yang diquotes dan akhiri dengan tanda baca yang mengikuti : Budi said, "Fast and furious 7 is good action film.
5. Letakkan tanda kutip dua di akhir kutipan : Budi said,"Fast and furious 7 is good action film."

Cukup mudah bukan ? lakukan banyak latihan dengan menuliskan beberapa kata kutipan dalam bentuk direct speech dan hal ini akan menjadi hal yang mudah bagi BBIM Friends. Dari beberapa pembelajar bahasa inggris yang saya temui, kesulitan utama di pelajaran ini adalah karena sudah males duluan ngeliat tanda baca yang harus disertakan ketika membuat kalimat percakapan langsung (direct speech).






Comments