Perlu dibaca

Pelajaran 145 : Percakapan tidak langsung (indirect speech / reported speech)


Percapakan tidak langsung / kalimat tak langsung adalah cara untuk menceritakan kembali sebuah percakapan atau pendapat dari seorang nara sumber dalam sebuah kalimat. Dalam bentuk ini tidak semua perkataan dari sumber digunakan. Perubahannya terletak pada perubahan kata kerja dan kata ganti.



Ketika BBIM Friends menggunakan indirect speech, BBIM Friends tidak lagi mengutip secara langsung kata-kata seperti pada bentuk kalimat langsung atau direct speech. Penggunaan tanda kutip tidak digunakan dalam bentuk kalimat ini.

Perhatikan bentuk-bentuk kalimat berikut ini :

Direct speech / kalimat langsung :

Didi said, "I need to buy an avocado"

Indirect speech / kalimat tak langsung :

Didi said that he needed to buy an avocado.

BBIM Friends bisa melihat perubahan yang terjadi pada bentuk kalimat indirect speech di atas :

1. Tidak lagi terdapat tanda kutip.
2. Kata "I" yang digunakan pada percakapan langsung berubah menjadi "He" yang mengacu pada Didi sebagai orang yang mengatakan kata-kata tersebut.
3. Kata kerja need (present tense) berubah menjadi needed (past tense). Hal ini terjadi karena ketika kita menggunakan direct speech / kalimat langsung, kita mengutip kata-kata orang tersebut secara langsung pada saat perkataan tersebut diucapkan, maka waktu yang digunakan adalah pada saat percakapan itu terjadi (present tense). Sedangkan ketika kita menggunakan indirect speech / kalimat tak langsung, kita menceritakan apa yang diucapkan seseorang di waktu yang lampau, jadi bentuk yang digunakan adalah past tense. Coba renungkan tentang perubahan ini dan rasakan bahwa "time" / waktu dalam bahasa inggris berhubungan erat dengan word / kata. Ketika BBIM Friends mendapatkan "pencerahan" maka pelajaran tentang tense akan sangat mudah dipahami.

Pada pelajaran selanjutnya kita akan melihat lebih banyak tentang perubahan tense yang terjadi dalam indirect speech / kalimat tak langsung.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BB






Comments