Perlu dibaca

Peta Bahasa Dunia


Menurut peta bahasa yang dibuat oleh Alberto Lucas Lopez dan dimuat di South China Morning Post, saat ini terdapat sekitar 7.102 bahasa yang ada di seluruh dunia. 23 di antara 7.102 bahasa tersebut membentuk  bahasa ibu dari sekitar 4,1 milyar orang.



Bahasa Inggris merupakan bahasa dengan penyebaran paling luas dan digunakan di 110 negara di planet bumi. sedangkan bahasa China digunakan oleh sekitar 1,197 milyar orang.

Jika BBIM Friends perhatikan pada peta di bawah, setiap bahasa dibatasi oleh garis hitam tebal, dan jumlah yang tertera adalah dalam (juta). Sedangkan masing-masing warna menunjukkan asal dari mana akar sebuah bahasa berasal.

Pengguna bahasa Jawa sekitar 84,3 juta orang, sedangkan bahasa Indonesia (Melayu) digunakan oleh sekitar 60,5 juta orang meliputi Indonesia (44 juta), Malaysia (15 juta), Thailand (1juta), dan Singapura (500.000).

Sedangkan bahasa yang paling banyak dipelajari di seluruh dunia secara akademis meliputi Bahasa Inggris (1,5 milyar pembelajar), Bahasa Perancis (82 juta pembelajar), Bahasa Tiongkok (30 juta pembelajar), Bahasa Spanyol (14,5 juta pembelajar), Bahasa Jerman (14,5 juta pembelajar), Bahasa Italia (8 juta pembelajar), Bahasa Jepang (3 juta pembelajar).

Peta ini juga menyajikan distribusi penggunaan sehari-hari masing-masing bahasa di setiap negara di dunia, dan jumlah negara yang menggunakan sebuah bahasa yang terdapat di seluruh dunia.

Pelajari peta ini, dan semoga semakin memperluas wawasan BBIM Friends mengenai bahasa-bahasa di dunia dan semakin meningkatkan minat BBIM Friends untuk mempelajari bahasa sebagai alat komunikasi, wawasan, ilmu pengetahun, dan juga sejarah.

Berikut ini petanya, bersumber dari www.lifehack.org
Klik gambar dan save untuk melihatnya dalam ukuran lebih besar.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BB





Comments