Inilah beberapa mitos yang masih dipercaya oleh orang dewasa yang mulai belajar bahasa inggris


Pada usia berapa sebaiknya mulai serius belajar bahasa inggris ? Jawabannya tidak ada batasan usia. Studi terakhir di bidang neuroscience membuktikan bahwa jaringan sel di otak tidaklah berhenti / menurun ketika usia beranjak dewasa / menua. Jaringan otak akan terus membentuk jalur-jalur baru selama seseorang aktif untuk beraktifitas selama hidupnya.



Yang menghalangi seseorang untuk memulai hal baru pada usia yang disadarinya sebenarnya hanyalah mitos-mitos yang dipercaya secara umum dan menjadi pendapat (kebenaran) secara massal. Ketika kita yakin suatu hal adalah begitu maka begitulah yang terjadi, sebaliknya ketika kita yakin bahwa suatu hal adalah begini, maka beginilah yang terjadi.

Banyak orang dewasa yang akhirnya berhenti untuk memulai sesuatu karena mengira bahwa semuanya sudah terlambat. Ingin mempelajari alat musik baru, atau belajar berenang, belajar bahasa inggris atau bahasa lainnya tidak dilakukan dengan alasan sudah tidak ada waktu (Anda yakin bahwa anda sudah tidak punya waktu ?)

Belajar apapun bisa dimulai di segala usia, bahkan jika saat ini Anda mulai mempelajari ilmu kedokteran, Andapun bisa mendapatkan pengetahuan dan keahlian seorang dokter jika Anda mau. Nah, jika demikian halnya kita perlu merubah paradigma dengan mengetahui mitos-mitos yang menghalangi seorang yang telah dewasa atau tua untuk memulai sesuatu yang baru. Mitos-mitos itu adalah sebagai berikut :

1. Mitos bahwa anak-anak mempunyai kemampuan belajar lebih baik dari seorang dewasa.
Mari kita lihat fakta-fakta berikut ini :

Keunggulan belajar orang dewasa :
  • Telah mengetahui dan memahami dasar dari sebuah komunikasi.
  • Dapat belajar dengan percepatan yang semakin meningkat.
  • Mampu mengakses informasi dari sumber terbatas.
  • Jika hasrat belajar telah muncul, hal itu bisa berlangsung dalam jangka waktu lama.
  • Telah menguasai membaca dan menulis.
Keunggulan belajar anak-anak :
  • Anak-anak mempunyai pikiran yang lebih fleksibel dan mampu menangkap bunyi-bunyi yang unik dengan mudah.
  • Anak-anak biasanya akan terserap 100% dalam apa yang sedang dipelajarinya.
  • Mempunyai mekanisme sistem pendukung belajar secara alami di dalam dirinya (diperlukan untuk pertumbuhannya).
Ternyata berbeda ya ? Jadi kesimpulannya tidaklah mungkin untuk membandingkan dua keunggulan belajar ini dan kemudian mencari mana yang lebih baik. Hal ini seperti membandingkan antara keunggulan gajah dan keunggulan harimau. Mitos seperti ini yang membuat orang dewasa enggan untuk mulai belajar bahasa atau belajar sesuatu yang lain. Saya berpendapat, ketika seorang berhenti belajar, maka saat itulah seseorang benar-benar telah menjadi tua.

2. Tidak punya cukup waktu.
Lagi-lagi ini hanyalah sebuah persepsi. Untuk punya waktu belajar bahasa inggris bisa dimulai dengan berbagai cara :
  • Set kembali bahasa yang digunakan di komputer, handphone, tablet, dan peralatan elektronik lain ke dalam bahasa inggris.
  • Gunakan kartu vocabulary baik berupa kertas atau aplikasi di handphone dan gunakan sedikit waktu untuk belajar ketika makan siang, menjelang sore, atau di pagi hari.
  • Batasi waktu untuk berjejaring sosial di internet, kecuali jika menggunakan bahasa inggris.
  • Ambil waktu untuk kursus.
  • Go mobile ! Banyak program aplikasi bahasa inggris yang tersedia untuk digunakan di handphone. Atau beli ebook belajar bahasa inggris dalam bentuk PDF sehingga bisa dibaca dan dipelajari sewaktu-waktu di manapun Anda berada.
3. Merasa tidak berbakat dalam bidang bahasa.
Ini adalah mitos yang sangat tidak masuk akal. Seluruh orang di dunia mempunyai bahasa yang telah dipelajarinya sejak lahir ke dunia. Kalau belajar bahasa memerlukan bakat, maka tidak semua orang di dunia ini yang bisa bicara....benar bukan ? Jadi untuk belajar bahasa inggrispun tidak perlu bakat. Mungkin untuk jadi ahli tata bahasa atau guru bahasa inggris memerlukan bakat, tetapi untuk berbahasa inggris, sama sekali tidak perlu bakat, saya yakin penduduk negeri inggris juga tidak semua berbakat menjadi ahli bahasa / guru bahasa inggris. Seperti di Indonesia, tidak semua orang berbakat jadi guru bahasa Indonesia tetapi fakta bahwa untuk bisa berbahasa Indonesia kita tidak perlu bakat.

4. Belajar bahasa inggris itu mahal.
Ini juga mitos yang tidak masuk akal. Jika Anda punya Anak yang sedang belajar bahasa inggris entah itu setingkat SD, SMP, atau SMA Anda bisa ikut nimbrung bukan ? Make a conversation in anyway ! Selain hubungan dengan anak jadi tambah akrab, Anda punya kesempatan membangun jaringan baru di otak yang membuat Anda lebih awet muda :) Atau beli ebook dari blog ini , hanya RP 50.000 dan terus menerus dapat updatenya. Kunjungi www.ebookbelajarbahasainggrismandiri.weebly.com

Jadi pada akhirnya kita tahu bahwa kegiatan belajar tidaklah pernah berhenti, dunia ini begitu ajaib untuk tidak dipelajari dan dipahami, dan mempunyai kemampuan berbahasa inggris memudahkan kita mendapatkan akses ke sumber informasi yang kita perlukan untuk memahami sesuatu dan membuat kehidupan terus bertumbuh dalam hidup kita, sampai kapanpun.

Selamat belajar :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BB



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah beberapa mitos yang masih dipercaya oleh orang dewasa yang mulai belajar bahasa inggris"