Perlu dibaca

Meningkatkan minat baca dengan rak buku yang menarik

 
Membaca buku merupakan sebuah leverage pengetahuan yang sangat efektif. Sepanjang hidup manusia tidak mungkin untuk mengetahui berbagai hal di dunia ini dengan melakukan penelitian atau mengetahui secara pribadi / dilakukan sendiri. Kita bisa mengetahui banyak hal dengan hanya membaca sebuah buku.



Misalnya buku The Seven Habits of Highly Effective People yang ditulis oleh Steven R Covey, buku ini ditulis berdasarkan 20 tahun karir yang dijalani oleh Covey. Artinya untuk mendapatkan pengetahuan yang jumlahnya sekitar 20 tahun aktivitas dan pengalaman, kita bisa mendapatkannya hanya dalam waktu 1 hari dengan membaca bukunya. Perlu dicatat bahwa yang saya maksud adalah mendapatkan pengetahuan, untuk mendapatkan manfaat dari pengetahuan tersebut maka kita harus mengkonversinya menjadi sebuah tindakan dan akhirnya menjadi pengalaman kita sendiri.

Jika demikian penting arti dari sebuah kegiatan membaca, mengapa minat baca harus ditumbuhkan ? Hal ini karena gaya belajar tiap orang berbeda, ada yang auditori, ada yang visual, ada yang kinetik dsb. Tetapi dalam proses mendapatkan sebuah pengetahuan mau tidak mau kita tetap harus membaca, bisa juga dengan menghadiri seminar atau berdiskusi dengan seorang ahli, tetapi kesempatan untuk melakukan dua yang terakhir tadi tidak bisa sewaktu-waktu dilakukan. Buku adalah cara yang paling mudah.

Di era digital, membaca tidak harus dalam bentuk buku, tetapi juga bisa berupa blog, website, ebook dan media sosial. Tetapi seni membaca sebuah buku cetak akan tetap bertahan dalam jangka waktu lama meskipun kehadiran buku cetak saat ini sudah disaingi oleh saudara mudanya yang berbentuk digital.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan minat baca, di antaranya adalah menata buku-buku yang kita miliki secara menarik dan menyenangkan untuk dipandang dengan menaruhnya dalam rak buku yang menarik.

Berikut ini BBIM Friends bisa mendapatkan inspirasi untuk mulai menyukai membaca, paling tidak dimulai dengan mengkoleksi dan menata buku sebagai seni dalam sebuah rak buku.

Rak Buku Yin Yang (sumber google.com)

Rak buku Batman (sumber google.com)

Rak Buku dari TV bekas (sumber google.com) 


 Round sofa book case (sumber  google.com)

Rak Buku Will Be Read (sumber google.com)
Selamat membaca :)
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM
Mari bergabung bersama BBIM Friends di :klik >> FB BB





Comments