Perlu dibaca

Pelajaran 153 : Common Mistakes 19 (Kesalahan dalam penggunaan infinitive dan gerund)


Belajar bahasa inggris harus dilakukan sebagai sebuah kesenangan dari waktu ke waktu. Jika BBIM Friends bisa menikmati moment-moment ketika BBIM Friends menemukan satu kosa kata baru atau pengetahuan baru tentang bahasa inggris atau bahasa apapun yang BBIM Friends sedang pelajari, dan menyadari bahwa saat itu adalah saat di mana BBIM Friends mengalami sebuah perkembangan pengetahuan, maka proses belajar akan menjadi sangat menyenangkan dan membuat BBIM Friends terus mengeksplorasi hal-hal baru.



Hal ini tidak hanya berlaku dalam proses belajar bahasa inggris saja, tetapi di semua hal yang BBIM Friends pelajari. Moment penemuan harusnya adalah sebuah perayaan yang menandai bahwa secara pribadi kita sedang melangkah lebih maju dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Di akhir pekan ini kembali kita akan melihat tentang common mistakes yang terjadi dalam penggunaan gerund dan infinitive untuk beberapa kata yang lain. Semoga moment di halaman ini berguna bukan untuk saat ini saja, tetapi juga di hari-hari selanjutnya.

11. Used to (terbiasa) + ing
Kesalahan umum : He is used to get up early.
Seharusnya : He is used to getting up early.

12. Avoid + ing
Kesalahan umum : You can't avoid to make mistakes.
Seharusnya : You can't avoid making mistakes.
Berlaku juga untuk kata "can't help" : I can't help falling in love.

13. Enjoy + ing
Kesalahan umum : I enjoy to play guitar.
Seharusnya : I enjoy playing guitar.
Kata "like" atau "dislike" bisa diikuti baik oleh gerund (bentuk ing) dan infinitive (to+verb). Seperti dalam kalimat berikut ini. She likes  reading history books - bisa juga menggunakan infinitive : She likes to read history books.

14. Excuse + ing
Kesalahan umum : Please excuse me to be so late.
Seharusnya : Please excuse me being so late atau Please excuse me for being so late.

15. Finish + ing
Kesalahan umum : Have you finished to laugh ?
Seharusnya : Have you finished laughing ?
Kata kerja seperti to begin bisa diikuti baik oleh gerund dan infinitive. seperti dalam kata "He began to laugh" bisa juga berbentuk "He began laughing."





Comments