8 fakta tentang otak yang harus diketahui


Studi tentang otak kini semakin banyak dilakukan. Komputer luar biasa yang setiap hari kita bawa di kepala kita ini belum bisa ditandingi oleh komputer tercanggih yang dibuat oleh manusia. Dengan memperdalam pengetahuan kita tentang otak, maka kita akan semakin mengetahui cara terefektif untuk menggunakan dan meningkatkan penggunaannya.



Mengenai kata meningkatkan kemampuan otak, kata ini kurang mencerminkan hal yang sesungguhnya. Faktanya adalah bahwa otak kita sudah dirancang demikian canggih dan hebat, yang belum canggih adalah penggunaannya. Sama seperti seseorang membawa sebuah Iphone 6 tetapi hanya memfungsikannya hanya sebagai telepon biasa. Jadi BBIm Friends jangan segan-segan untuk memahami komputer alami ini. Pikiran ada di mana-mana tetapi untuk memproses pikiran menjadi pemikiran diperlukan kerja sama dengan otak sebagai hadwarenya. Dan hardware ini sudah canggih dan terus bertumbuh menjadi semakin canggih, yang perlu kita pelajari sungguh-sungguh adalah memahami seluk beluk penggunaannya dengan baik.

Berikut ini adalah 8 fakta penting mengenai otak kita :

1. Pikiran sadar hanya mengontrol otak kita sebesar 5% per hari. Sedangkan yang 95% dikendalikan oleh pikiran bawah sadar. Kita beruntung dengan pikiran bawah sadar ini, karena kinerja anggota tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal, pencernaan tidak perlu kita kendalikan secara sadar seperti menggerakkan tangan dan kaki. Bayangkan jika BBIM Friends harus konsentrasi selama 24 jam 7 hari seumur hidup untuk membuat darah berjalan, jantung berdetak, dan ginjal menyaring darah atau lambung untuk mencerna makanan ? Pikiran bawah sadar juga menentukan bagaimana kita bersikap, melakukan sesuatu dalam hidup, dan bagaimana cara menyikapi sebuah masalah atau mencapai tujuan. Studi tentang ini juga semakin berkembang.

2. Kita memiliki sekitar 70.000 pikiran setiap hari. atau sekitar 2.900 pikiran per jam. atau 8 pikiran setiap detik. Karena itu dalam kondisi kalut kita susah berkonsentrasi terhadap satu hal. Ribuan pikiran datang dan pergi sementara kita mau selesaikan satu hal. Latihan-latihan konsentrasi diperlukan untuk mengendalikan 70.000 pikiran ini supaya tidak membuat konsentrasi kita buyar.

3. Studi terkahir mengatakan bahwa melakukan pengheningan diri baik dengan berdoa atau meditasi dapat meningkatkan kualitas kecerdasan (IQ), menghilangkan stress, dan membuat kita belajar sesuatu pada tingkat yang lebih tinggi dan dalam.

4. Sekitar 70% dari struktur otak kita dibangun oleh lemak. Memakan makanan yang mengandung lemak Omega 3 yang terdapat dalam ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, apokat dll dapat menyehatkan neuron dan sel-sel otak kita.

5. Jika otak kekurangan EPA dan DHA bisa meningkatkan resiko mudah terkena depresi, parkinson, dan alzheimer.

6. Mendengarkan musik terbukti bisa meningkatkan kekuatan otak dan bahkan bisa memperbaiki dan mengubah struktur neuron-neuron di otak.

7. Sebuah pikiran, walapun tidak terlihat adalah hal yang nyata (substansi). Pikiran kita apapun itu akan mempengaruhi kita secara psikis dan secara biologis. Tubuh kita akan bereaksi terhadap pikiran yang kita input secara mental dan akan berpengaruh ke tubuh seolah-olah pikiran adalah sebuah materi atau benda yang berbentuk. Studi lebih lanjut, juga mengatakan bahwa realita kita adalah produk dari pikiran-pikiran kita.

8. Menggunakan kedua tangan secara bergantian akan berakibat lebih baik pada otak daripada kita hanya menggunakan satu tangan untuk sebuah kegiatan. Jadi BBIM friends bisa sesekali mengubah posisi mouse komputer yang biasanya di kiri menjadi di kanan. Atau menulis dengan tangan kiri jika biasanya menggunakan tangan kanan dan sebaliknya. Bisa juga dengan melatih tangan kiri untuk menggosok gigi dan sebagainya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 fakta tentang otak yang harus diketahui"