Perlu dibaca

Benarkah belajar bahasa mandarin lebih mudah dari belajar bahasa inggris ?


Mempelajari bahasa adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan sekaligus membuat otak kita lebih aktif. Belajar bahasa inggris, mandarin, jepang, spanyol dll dapat dilakukan di segala usia. Tidak ada pembatasan usia untuk mempelajari bahasa apapun. Dan bonusnya adalah kemampuan berkomunikasi dengan berbagai bahasa yang memudahkan kita berinteraksi dengan berbagai bangsa di dunia dan berguna jika kita suka bepergian ke luar negeri.



Sepintas bahasa mandarin adalah bahasa yang cukup rumit, tetapi berdasarkan penelitian, bahasa mandarin justru lebih mudah dipelajari daripada bahasa inggris. Jadi tidak ada salahnya jika BBIM Friends sebagai pembelajar bahasa inggris juga mulai melihat-lihat kemungkinan belajar bahasa yang lain dan bahasa mandarin sebagai salah satu alternatif.

Beikut ini adalah alasan-alasan mengapa belajar bahasa mandari lebih mudah daripada belajar bahasa inggris :

1. Dalam bahasa mandarin tidak ada tenses. Jadi ketika mempelajari bahasa ini kita tidak dipusingkan dengan present tense, past tense, future tense dll.

2. Tidak ada alphabet a-b-c-d. Semua alphabet dalam bahasa mandarin adalah dalam bentuk phonetic (satuan bunyi) seperti :
我     wǒ     saya, aku
你     nǐ     anda, kamu
妳     nǐ     anda, kamu (perempuan)
他     tā     dia
她     tā     dia (perempuan)
它     tā     ia
我们      wǒ men      kita, kami
你们     nǐ men     kalian
他们     tā men     mereka
大家     dà jiā     semua

3. Perbendaharaan kata (vocabulary) didasarkan pada hal yang terdapat pada sebuah kata. Misal kata film dalam bahasa mandarin adalah penggabungan dari kata listrik dan bayangan. Seperti contoh di bawah ini untuk kata telephone :




4. Angka dalam bahasa mandarin digunakan secara lebih efektif dan efisien seperti dalam menyebutkan nama bulan dalam kalender tahunan :
http://chinese4kids.net/29.php
5. Beberapa kata dituliskan dalam bentuk mirip dengan benda aslinya, jadi melihat huruf mandarin hampir sama dengan melihat sebuah gambar :


6. Tidak ada bentuk jamak dalam bahasa mandarin.
Ketika kita mempelajari  kata benda dalam bahasa inggris kita mempelajari penggunaan s dan es untuk menandai sebuah kata benda dalam bentuk jamak. Dalam bahasa mandarin hal ini tidak ada.

7. Tidak ada artikel seperti a, an, the seperti dalam bahasa inggris.

8. Susunan kalimat dalam bahasa mandarin dibentuk dalam pola yang yang sudah baku yaitu :
Subject + time + location + verb + object all day every day

Contoh : ba ba zai xi che = father is washing car.

Jadi itulah beberapa sebab mengapa belajar bahasa mandari dikatakan lebih mudah daripada belajar bahasa inggris. SilakanBBIM Friends coba untuk memperluas kemampuan berbahasa dengan mencoba mempelajari lebih dari 1 atau dua bahasa.

Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM

https://www.facebook.com/mandirienglish

https://twitter.com/bbim_english





Comments