Perlu dibaca

Manfaat Mewarnai Untuk Otak dan Fungsi Pikiran

http://www.belajarbahasainggrismandiri.com/2015/10/manfaat-mewarnai-untuk-otak-dan-fungsi.html
Manfaat mewarnai

Kegiatan mewarnai kita mulai sejak dari anak-anak dan ketika memasuki sekolah taman kanak-kanak, kegiatan pertama untuk melatih motorik adalah dengan mewarnai gambar. Mewarnai sebuah gambar terbukti bermanfaat untuk menstimulasi otak anak-anak yang baru belajar secara terstruktur. Tapi ketika menginjak remaja atau dewasa kegiatan ini mulai dilupakan padahal manfaatnya sangat besar untuk menenangkan pikiran dan membuat kita lebih fokus.



Dari catatatan berita yang terdapat di Fox News dinyatakan bahwa kegiatan mewarnai bisa menjadi terapi untuk masalah-masalah psikologi dan dianjurkan oleh para dokter dan psikiater sejak tahun 1960-an.

Seorang dokter spesiais otak mengatakan bahwa kegiatan mewarnai bisa mengistirahatkan kerja amygdala, yaitu bagian otak yang memproduksi rasa cemas dan takut.

Pilih gambar yang Anda sukai dan mulailah menyediakan waktu untuk mewarnai. Jangan terlalu khawatir dengan hasilnya bagus atau jelek ataupun pada teknik mewarnai yang benar. Lakukan di kala sedang santai atau ketika pikiran sedang tidak tenang.

Untuk mendapatkan gambar yang akan diwarnai bisa didapatkan di toko-toko buku atau coba browsing di internet dengan kata kunci mewanai atau coloring.

Penelitian terkini menyatakan bahwa kegiatan mewarnai juga merupakan salah satu alternatif terbaik untuk melakukan meditasi. Efek ketenangan yang didapatkan melalui meditasi bisa dihasilkan juga ketika kita pikiran dan tubuh kita terserap sepenuhnya pada "saat ini" ketika sedang mewarnai sebuah gambar.

Berikut ini beberapa contoh sketsa yang bisa digunakan untuk kegiatan mewarnai.



Hasil kegiatan mewarnai :)





Comments