Pelajaran 159 : Common Mistakes 25 (Kesalahan dalam penggunaan tenses)

Common mistakes adalah pelajaran yang cukup menyenangkan setelah kita mempelajari berbagai bentuk dalam bahasa Inggris. Pada waktu kita mempelajari common mistakes kita akan disadarkan tentang kekeliruan yang sering terjadi tanpa kita sadari pada waktu belajar bahasa Inggris dan sekaligus membuat kita ingat pada pelajaran-pelajaran sebelumnya. Saya harapkan pelajaran berseri tentang kesalahan umum ini bisa membuat BBIM Friends semakin menyukai pelajaran bahasa Inggris baik untuk berkomunikasi atau untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan alternatif di pendidikan formal yang BBIM Friends jalani.



11. Penggunaan present perfect tense ketika seharusnya menggunakan past tense.
Kesalahan umum : I have taken a good picture yesterday.
Seharusnya : I took a good picture yesterday.
Setiap kalimat dengan tanda waktu yesterday, last night, last week, last year, then, ago dll pastikan selalu menggunakan bentuk past tense.

12. Penggunaan past tense ketika seharusnya menggunakan present perfect tense.
Kesalahan umum : I saw Star Wars The Force Awakens.
Seharusnya : I have seen Star Wars The Force Awakens.
Ketika kita mengungkapkan sebuah hasil dari kegiatan yang dilakukan di masa lalu dengan penekanan lebih daripada kegiatan itu sendiri maka tense yang digunakan adalah present perfect tense. Dalam contoh si pembicara tidak menekankan pada kegiatan menonton film yang dilakukan pada waktu lampau (sudah menonton), tetapi menekankan tentang apa yang dirasakannya setelah menonton Star Wars The Force Awakens.

13. Penggunaan past tense pada kegiatan yang baru saja terjadi, seharusnya menggunakan present perfect tense.
Kesalahan umum : The clock struck.
Seharusnya : The clock has struck.
Ketika kita mengungkapkan kejadian yang baru saja terjadi maka tense yang digunakan haruslah present perfect tense. Dalam contoh, begitu jam berbunyi (the clock strikes), maka kita mengatakan The clock has struck, bukan The clock struck.

14. Penggunaan simple present ketika seharusnya menggunakan present perfect tense.
Kesalahan umum : I am in this town five years.
Seharusnya : I have been in this town five years.
Present perfect tense digunakan untuk mengungkapkan kejadian yang terjadi di masa lalu dan sekarang masih terus berlangsung. Jadi ketika kita mengatakan bahwa kita tinggal di suatu tempat dan sekarang masih tinggal di situ maka yang digunakan adalah present perfect tense.

15. Penggunaan simple present untuk tanggapan atas sebuah klausa waktu (time clause) ketika seharusnya menggunakan present perfect tense.
Kesalahan umum : Since they came, we are happy.
Seharusnya : Since they came, we have been happy.
Kata kerja yang digunakan pada tanggapan atas sebuah klausa waktu yang menggunakan kata "since" secara umum menggunakan present perfect tense.

Selamat mempelajari
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajaran 159 : Common Mistakes 25 (Kesalahan dalam penggunaan tenses)"