Perlu dibaca

Lay out - The real Mr.Disaster di ajang Miss Universe 2015


Miss Universe 2015 diakhiri dengan situasi dramatis akibat salah sebut nama pemenang. Ariadna Gutierrez asal Kolombia tidak pernah membayangkan akan berdiri selama 4 menit, menikmati status sebagai miss Universe 2015 di hadapan jutaan orang diseluruh dunia untuk kemudian harus menyerahkannya kepada pemenang sesungguhnya yaitu Pia Alonzo Wurtzbach dari Filipina. Apa penyebab utama kericuhan ini, apakah Steve Harvey 100% salah ?




Salah seorang netizen di Facebook mengunggah sebuah analisa yang cukup menarik tentang desain dari kartu pengumuman yang digunakan di Miss Universe 2015. Berikut ini foto yang diunggah :

Handoko Tjung di akun facebooknya mengatakan :
Layout mistakes:
- The most important part of the layout should be put bigger.
- Putting "Miss Universe 2015" so close to the bottom can create an impression that it's just a footer, or, not an important part.
Memang kalau dilihat nama pemenang terlihat "nyempil" di bawah. Dan tulisan Miss Universe 2015 yang cukup besar terlihat seperti judul / nama dari kartu tersebut, karena letaknya yang di kanan paling bawah. Kemudian nama negara, apabila dilihat sekilas seperti sebuah signature.

Dan berikut ini adalah desain yang diusulkan untuk digunakan :
Desain ini lebih terlihat lebih jelas dan bisa meminimalkan salah baca akibat kurang konsentrasi di tengah riuhnya ribuan penonton dan gemerlap lampu serta bunyi musik di ruangan acara.

Tetapi perlu diketahui bahwa penyebutan urutan pemenang di ajang Miss Universe dimulai dari juara ke-3 (2nd runnerup), kemudian dua calon pemenang berikutnya berhadapan dan disebutkan juara pertamanya, bukan juara ke-2nya. Jadi hirarki dari desain di atas masih bisa salah juga antara 1st runner up dan 2nd runner up.

Dari kondisi lapangan dan susunan penyebutan pemenang seperti itu maka menurut saya desain yang kira-kira lebih mendekati adalah sebagai berikut :


Meskipun kesalahan ini akan meninggalkan rasa pedih pada diri Miss Kolombia, tetapi tetap akan hikmahnya. Ariadna akan tetap diingat sepanjang masa dan lebih dikenal dari runner up (juara ke-2) manapun di sepanjang sejarah Miss Universe. Karena runner up jarang diingat, sama seperti kita hanya ingat Louis Amstrong sebagai orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan.







Comments

saya nonton acaranya di TV...kasihan juga ya..
Iya... tapi membuat ajang Miss Universe kali ini menjadi tak terlupakan