Pelajaran 165 : Lima (5) bagian utama dalam Bahasa Inggris


Tulisan di blog Belajar Bahasa Inggris Mandiri di hari ini adalah semacam pengingat dan ringkasan tentang bagian utama dalam bahasa Inggris. Hal ini berguna untuk membuat kita bisa melihat setiap bagian yang sedang kita pelajari dalam bahasa Inggris secara lebih mendetail.



Unit dasar / bagian utama dalam bahasa Inggris terdiri dari 5 bagian utama. Bagian-bagian inilah yang nantinya akan membentuk sebuah kalimat secara lengkap. Setiap bagian adalah bagian dari keseluruhan kalimat yang sedang kita pelajari dalam bahasa ini. Jika kita bisa melihat per bagian, dan memahaminya, maka pemahaman-pemahaman kecil tersebut akan membentuk dan menjadi keseluruhan pemahaman yang lebih besar.

Bagi yang baru saja belajar bahasa Inggris, tulisan ini bisa menjadi pedoman dasar. Sedangkan bagi yang sudah mempelajari bahasa Inggris dapat digunakan sebagai pengingat / penyegaran kembali. Dan bagi para pengajar / guru les hal ini bisa dipakai sebagai acuan untuk mengajar murid mulai dari hal yang paling dasar.

Lima bagian dasar (basic units) dalam bahasa Inggris dalah sebagai berikut :

1. Huruf (letter)
Terdapat 26 huruf yang digunakan dalam bahasa Inggris yang bisa dituliskan dalam huruf besar (Capital) dan huruf kecil.
A-B-C-D-E-F-G-H-I-J-K-L-M-N-O-P-Q-R-S-T-U-V-W-X-Y-Z
a-b-c-d-e-f-g-h-i-j-k-l-m-n-o-p-q-rs-t-u-v-w-x-y-z
Keseluruhan dari ke-26 huruf ini disebut dengan ALPHABET yang terdiri dari dua bagian :
  • Konsonan (huruf mati) terdiri dari 21 huruf : b-c-d-f-g-h-j-k-l-m-n-p-q-r-s-t-v-w-x-y-z dalam bahasa Inggris disebut Consonant
  • Vokal (huruf hidup) terdiri dari 5 huruf : a-e-i-o-u dalam bahasa inggris disebut vowels. Apakah BBIM Friends pernah memikirkan apakah ada bunyi lain yang bisa dihasilkan oleh manusia selain ke-5 bunyi ini ? Jika BBIM Friends bisa menemukan maka itu adalah penemuan yang akan mengubah sejarah bahasa, silakan sekali-sekali dicoba.
2. Kata (word)
Jika huruf, baik itu vokal dan konsonan digabung menjadi satu, maka akan terbentuklah sebuah kata (word). Kata yang kita pakai untuk berkomunikasi adalah huruf-huruf yang ketika bergabung membentuk sebuah arti.
Jadi dari bunyi yang dilambangkan dengan huruf, dan tidak memiliki arti, ketika disatukan akan menjadi sebuah kata yang memiliki arti. Dari sini perdaban kita dimulai.
Kata Computer terdiri dari huruf-huruf : c-o-m-p-u-t-e-r
Ketika kata dipecah menjadi huruf, maka akan menjadi bunyi yang tidak mempunyai arti lagi. Jika BBIM Friends mau merenungkan hal ini, maka kepekaan dan rasa dalam berbahasa akan meningkat.

Menurut kamus OXFORD, untuk bisa berbahasa sehari-hari dengan baik, kita membutuhkan sekitar 30.000 kata (words) yang harus dipahami dan dikuasai dengan baik. Mempelajari dengan baik setiap kata, akan sangat menentukan kemajuan BBIM Friends dalam mempelajari sebuah bahasa. Sampai tingkat apapun, mempelajari kata harus tetap dilakukan untuk mempertajam kemampuan berbahasa kita.

3. Frasa (phrase)
Jika sekelompok kata yang terdiri dari huruf-huruf berkumpul menjadi satu, tetapi tidak mempunyai subyek dan predikat, maka kelompok kata ini disebut atau membentuk sebuah FRASA / PHRASE.
Bagaimana bentuk sebuah frasa ? Berikut ini adalah contoh beberapa frasa :
  • To get it
  • Our school members
  • The blue bus
  • A very large room
  • Your beauty girl
  • Business people
Perhatikan bentuk di atas, terdiri dari kata-kata (words) tetapi tidak memiliki subyek. Ini adalah bagian dari bahasa yang disebut dengan frasa.

Jika bagian terpenting dari sebuah frasa adalah kata bendanya (noun), maka frasa tersebut disebut dengan frasa nominal (nominal phrase) atau frasa kata benda (noun phrase).
Contoh :
  • The blue bus >>> kata yang utama atau paling penting adalah "bus."
  • A very large room >>>> kata utama atau paling penting adalah "room."
 Jika bagian paling penting dalam sebuah frasa adalah kata kerjanya (verb), maka frasa tersebut disebut dengan frasa kata kerja (verbal phrase)
Contoh :
  • To get it >>> kata utama atau paling penting adalah "get."
  • To avoid that >>> kata utama atau paling penting adalah "Avoid"
4.  Klausa (Clause)
Jika sekelompok kata-kata berkumpul menjadi satu dan memiliki subyek dan predikat serta membentuk sebuah arti, maka kelompok kata tersebut disebut dengan Klausa (clause).
Contoh klausa :
  • You are a good student. >>> You = subyek, Are = predikat
  • When the film began >>> The film = subyek, began = predikat
Jika sebuah klausa mempunyai arti yang lengkap seperti klausa "You are a good student"  maka klausa ini disebut dengan klausa utama (main clause).

Jika sebuah klausa tidak mempunyai arti yang lengkap (hanya sebagian) seperti pada klausa "When the film began" maka klausa ini disebut dengan subordinate clause atau anak kalimat. Anak kalimat (subordinate clause) umumnya dimulai dengan kata seperti "when-who-whom-which,etc"

Main clause (klausa utama) mempunyai peran penting dalam pembentukan sebuah kalimat (sentence). Karena sekelompok kata tidak bisa disebut kalimat jika tidak mempunyai main clause (klausa utama).

5. Kalimat (Sentence)
Sebuah kalimat adalah gabungan dari klausa-klausa (main clause dan subordinate clause) dengan arti yang lengkap. Dalam sebuah kalimat (sentence) inilah ke-5 unsur bahasa yaitu huruf-kata-frasa-klausa mendapatkan bentuknya yang lengkap dan penuh.
Contoh sebuah kalimat :
  • When you go to the office, don't forget bring that umbrella. >>> terdiri dari 1 klausa utama (don't forget bring that umbrella) dan 1 anak kalimat (when you go to the office).
  • William is strong but he is lazy >>> Terdiri dari dua klausa utama.
Jadi setelah membaca keterangan ini jangan lupakan istilah-istilah penting yang menjadi bagian utama sebuah bahasa yaitu : alphabet-consonant-vowel-letter-word-nominal/noun phrase-verbal phrase-main clause-subordinate clause-sentence.

Demikianlah cara sebuah bahasa terbentuk, dari bagian yang paling kecil, hingga bentuk yang paling besar, saling terkait satu sama lain dan membentuk dalam kehidupan kita hingga hari ini. Dari kalimat-kalimat kita bisa membentuk sebuah cerita, prosa, puisi, novel, makalah, skripsi, buku, ebook, blog, jurnal, berita dan akhirnya menciptakan sebuah sejarah. Pelajari terus bahasa, maka kita akan menemukan hal-hal luar biasa di sana.

Selamat mempelajari
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM 




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajaran 165 : Lima (5) bagian utama dalam Bahasa Inggris"