Pelajaran 167 : Past Perfect Continuous Tense

 
Past perfect tense yang kita pelajari pada pelajaran 166 adalah sebuah tense yang digunakan untuk mengekspresikan kegiatan atau kejadian yang telah selesai sebelum suatu waktu / kejadian yang berlangsung di masa lampau. Dan sekarang akan kita pahami mengenai apakah itu Past Perfect Continuous Tense / Past progressive tense.




Sebelum memahami tentang Past perfect continuous Tense kita kembali melihat bentuk dari past perfect tense sehingga mudah untuk membedakannya.

1. Past perfect Tense
Contoh :
  • I had written when Budi came
Pada contoh ini, kata I had written (saya sudah menulis) adalah kejadian yang sudah terjadi sebelum Budi Came (Budi datang). Dan kedua kejadian ini sama-sama berlangsung / terjadi di masa lampau dari I (saya) / orang bercerita.

2. Past perfect continuous tense.
Tense ini digunakan untuk mengekspresikan sebuah kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung sebelum sebuah kejadian lain berlangsung di suatu waktu di masa yang lampau. Dan juga untuk menceritakan / mengekspresikan berapa lama sebuah kejadian telah berlangsung sampai waktu tertentu di masa lampau.
Contoh :
  • I  had been writing for an hour, when Budi came.
Pada contoh ini, kata I had been writing (sedang berlangsung) selama 1 jam (for an hour) ketika Budi datang. Jadi saya (I) masih menulis ketika Budi datang. Dan kedua kejadian ini sama-sama berlangsung di masa lampau dari orang yang bercerita (I).

Selamat mempelajari
Dapatkan ebook BBIM di : klik >> Ebook BBIM




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajaran 167 : Past Perfect Continuous Tense"