Belajar Bahasa Inggris Harus Baper


Baper adalah istilah yang baru-baru ini populer di Indonesia. Indonesia memang kaya dengan penemuan istilah-istilah baru yang memperkaya kosa kata dan kemampuan pengungkapan dalam sebuah bahasa. Baper merupakan kependekan dari Bawa Perasaan yang menurut kitabgaul.com salah satu artinya adalah "semacam perasaan yang datang secara tidak disengaja dan bila dilanjutkan bisa menimbulkan komplikasi berkelanjutan" definisi ini dibuat oleh Jundi Shibghatullah dalam daftar definisi "baper" dalam kitabgaul.com.



Dan saya berpendapat bahwa dalam belajar bahasa Inggris, kita tidak hanya memerlukan pikiran, tetapi juga perasaan. Kenapa bisa begitu ? Karena bahasa bukan hanya sebuah pikiran tetapi bahasa adalah cara kita manusia mengungkapkan sebuah rasa yang kita alami di realita ini. Realita dibentuk bukan hanya oleh apa yang kita pikirkan, tetapi juga oleh apa yang kita rasakan. Perasaan menunjukkan dengan jelas apa yang sedang kita pikirkan, jika kita gembira, berarti kita sedang memikirkan sebuah kegembiraan juga, jika kita merasa sedih, cinta, kebencian dll demikian juga apa yang kita pikirkan tidak mungkin jauh dari apa yang sedang kita rasakan. Dan BBIM Friends juga bisa melihat bahwa realita sekeliling kita juga berbentuk persis seperti apa yang kita rasakan. Jika BBIM Friends merasa gembira, lingkungan dan realita sekeliling juga akan gembira, orang-orang di sekeliling kita juga tampak gembira, kemudian kita akan bertemu dengan hal-hal yang menggembirakan, aneh tapi nyata ya ?

Dalam pelajaran 5 tentang Subject Pronoun saya pernah memperkenalkan tentang rasa dalam bahasa ini. Dalam pembahasan tersebut BBIM Friends bisa merasakan tentang rasa dari sebuah kata ganti (pronoun) dan bagaimana seandainya bahasa Inggris atau bahasa apapaun di dunia tidak pernah mengenal sebuah subject pronoun.

Menyukai kosa kata baru dan merasakan arti setiap kata, akan membuat proses belajar bahasa inggris akan lebih menyenangkan. Jadikan sebuah kegembiraan ketika kita tahu bahwa kita bisa menyebut sebuah benda yang dulunya kita sebut dengan bintang kini kita bisa sebut dengan bunyi dan susunan huruf yang berbeda yaitu Star. Penemuan demi penemuan dalam setiap kata dan bagaimana kita belajar menggunakan setiap kata bahasa inggris yang kita punya untuk berekspresi akan membuat pembelajaran dalam bahasa ini akan menjadi lebih mudah. Jadi gunakan perasaan, bukan hanya menghafal dengan pikiran dan menyimpannya dalam memori otak, tetapi gunakan dengan perasaan dan gunakan setiap kata untuk menciptakan sebuah realita. Untuk itulah sebuah bahasa dianugrahkan dalam keseluruhan sejarah manusia. Semua kehidupan berawal dari "WORD."

Dan video berikut ini adalah sebuah contoh yang bagus bagaimana menyanyi dalam Bahasa Inggris pake Baper :






Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Belajar Bahasa Inggris Harus Baper"

allenglish dotinfo said...

Website yang bagus, artikelnya informatif. apalagi saat ini kemampuan bahasa inggris sangat dibutuhkan baik di dunia kerja atau perkuliahan. salam kenal, kebetulan saya juga lagi belajar <a href="http://www.allenglish.info>bahasa inggris</a>, jika ada informasi terbaru tentang cara menulis dalam bahasa inggris mohon diberitahu.