Pelajaran 171 : Kalimat Pengandaian Menggunakan If (Berlawanan dengan realita Present dan Future)

http://belajarbahasainggrismandiri.blogspot.co.id/2016/04/pelajaran-171-kalimat-pengandaian.html
 Kata "If" sering digunakan pada situasi ketika seseorang membicarakan sesuatu yang berlawanan dengan kenyaatan atau realita yang berlawanan dengan situasi sebenarnya. Untuk mengetahui perbedaannya dengan saat kita menggunakan kata "wish" bisa dilihat di contoh berikut ini :



Misal kita punya the true condition : I don't have a private jet plane.
Untuk situasi di atas kita bisa membuat kalimat pengandaian menggunakan "wish"  (making a wish) dengan kalimat sebagai berikut :
  • I wish I had a private jet plane.
Jika kita menggunakan "if" maka kalimatnya akan menjadi seperti ini :
  • If I had a private jet plane, I would travel around the world.
  • If I had a private jet plane, I could travel around the world.
Pada dua kalimat di atas, kalimat yang berlawanan dengan the true condition (menggunakan If) disebut dengan "If Clause"/Klausa If. Sedangkan kalimat sesudah if clause yaitu I would/ I could travell around the world disebut dengan "result clause" yang menyatakan hasil dari sebuah pengandaian yang dilakukan atau disebut juga dengan conditional sentences.

Pada pelajaran ini penggunaan if digunakan pada situasi ketika kalimat pengandaian berlawanan dengan realita pada present/future time (masa sekarang dan masa depan). Sehingga If clause yang digunakan dalam bentuk SIMPLE PAST TENSE.
Jadi bisa diringkas sebagai berikut :
If Clause : Simple Past Tense
Result clause : would/could+simple present tense (simple form).
*If I had a private jet plane, I would travel around the world >>> penggunaan would pada result clause mengekpresikan bahwa orang yang berbicara ingin melakukan perjalanan keliling dunia, karena kata would mengekspresikan sebuah hasrat / desire.

*If I had a private jet plane, I could travel around the world >>> penggunaan could pada result clause mengekspresikan sebuah kemungkinan/possibility dari orang yang berbicara untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Kata Could mengekpresikan sebuah pilihan yang mungkin/atau sebuah kemungkinan/peluang.

Jadi jika BBIM Friends ingin mengekpresikan sebuah keinginan dalam result clause : gunakan would.
Jika BBIM Friends ingin mengekspresikan sebuah kemungkinan dalam result clause : gunakan could.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajaran 171 : Kalimat Pengandaian Menggunakan If (Berlawanan dengan realita Present dan Future)"