Untuk Percakapan Bahasa Inggris Jangan Khawatir dengan Level


Dalam pendidikan dan kursus bahasa Inggris kita mengenal berbagai tingkatan / level seperti beginner, intermediate, advance dst. Level-level ini berguna bagi lembaga dan guru pengajar untuk menyusun kurikulum dan menentukan tingkat kemajuan siswa. Tetapi jika BBIM Friends ingin mempelajari kalimat-kalimat bahasa Inggris dalam rangka percakapan, jangan membatasi diri pada level atau tingkatan di mana BBIM Friends berada atau dinyatakan oleh hasil sebuah test.



Dalam realita sehari-hari sebenarnya tidak ada level dalam bahasa Inggris. Tidak ada pengelompokan antara orang yang menguasai sekian kosa kata dengan orang yang menguasai sekian (lebih) kosa kata. Jadi tidak ada pembatasan kalimat yang bagaimana yang harus dipelajari oleh level beginner dan level lanjutan. Kalau kita berpikir seperti itu, maka ketika membaca sebuah artikel berbahasa Inggris dan kosa katanya belum diajarkan, kita akan berkata,"Oh ini bukan untuk saya, ini untuk level selanjutnya." Padahal untuk bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik kita perlu belajar dari sumber apapun, baik sepatah kata, secarik kertas, hingga novel dan ensiklopedia. Jadi untuk masalah belajar kalimat dan menggunakannya dalam percakapan, jangan tunggu sertifikat kelulusan level dari beginner ke intermediate dan seterusya.

Pelajari kalimat-kalimat yang tergolong "advanced" sebagaimana BBIM Friends mempelajari kalimat-kalimat sederhana. Kalaupun sebuah kalimat dirasa terlalu rumit, coba pelajari per kata atau bagian yang lebih kecil, dan tidak usah terlalu terburu-buru. Karena bisa bicara bahasa Inggris bukan ditentukan oleh cepatnya belajar (speed), tetapi lebih pada penguasaan kata/kalimat secara mendalam (mastery).

Ketika BBIM Friends memutuskan untuk serius belajar bahasa Inggris, sebaiknya mulailah giat dan rajin berburu kata-kata dan kalimat, tidak usah terburu dengan jumlah, tetapi fokuskan pada penguasaan (mastery). Jangan hanya bergantung pada satu sumber, seperti text book atau surat kabar, tetapi dari berbagai sarana lain yang memungkinkan seperti acara debat bahasa Inggris, diskusi bahasa Inggris, meeting, seminar, iklan, pengumuman, negosiasi dll. Pada hal-hal tersebut kita bisa melihat begitu banyak variasi kalimat yang digunakan, dibandingkan dengan apa yang kita ketahui dari contoh-contoh di text book.

Belajar dari kesalahan umum (common mistakes) juga merupakan pelajaran yang sangat berguna, karena dalam pelajaran ini kita akan melihat bagaimana native speaker menggunakan sebuah kalimat dan mengetahui apa kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang pembelajar bahasa Inggris.

Jadi bersemangatlah, dan pelajari dengan baik setiap kalimat bahasa Inggris yang kita temui.

http://ebookbelajarbahasainggrismandiri.weebly.com/bbim-tcc.html

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Untuk Percakapan Bahasa Inggris Jangan Khawatir dengan Level "

Fadel Muslaini said...

Pstingan Yang Bermanfaat

Free/Gratis Download E-books, Games, Applications, and Many More
conquerwithknowledge.blogspot.co.id