Waktu yang diperlukan untuk Belajar Bahasa Inggris


Berapakah waktu yang diperlukan untuk Belajar Bahasa Inggris setiap harinya? Pertanyaan ini seringkali menjadi kendala ketika seseorang berniat untuk belajar Inggris secara serius, terutama bagi mereka yang sudah bekerja atau berkeluarga dan mempunyai anak yang harus diasuh. Jawabannya sebenarnya bukan pada memikirkan rutinitas yang harus Anda cadangkan, tetapi tantangan untuk membentuk sebuah kebiasaan.



Tips untuk membentuk kebiasaan berbahasa Inggris di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Jangan lewatkan satu haripun untuk terus terhubung dengan bahasa Inggris.
Ketika membaca kata-kata di atas biasanya sedikit ada penolakan di bagian otak karena amygdala kita akan serta merta mengelompokkannya sebagai tantangan atau ancaman karena harus ada perubahan yang dilakukan. Tapi jangan khawatir, karena waktu yang diperlukan untuk membiasakan diri berbahasa Inggris hanyalah 10-20 menit sehari. Anda bisa melakukannya kapan saja dalam satu hari entah itu pagi, siang hari, sore hari, atau menjelang tidur. Aktifitas latihan bahasa Inggris yang bisa dilakukan antara lain :
  • Membaca, entah itu satu kalimat, satu paragraf, atau satu halaman. 
  • Mendengar suara dengan bahasa Inggris, entah itu melalui film, lagu, rekaman percakapan bahasa Inggris dsb.
  • Menulis. Tuliskan 1 atau 2 kata/kalimat yang Anda ketahui.
  • Perhatikan sekeliling jika ada kata atau kalimat bahasa Inggris usahakan dibaca. Bisa di papan iklan, surat kabar, pada ssat browsing dll.
  • Suarakan yang Anda baca. Karena tujuan akhir dari belajar bahasa Inggris adalah bisa berbicara dalam bahasa ini.
2. Lakukan sesuatu yang menyenangkan dengan Bahasa Inggris.
Kebosanan bisa terjadi ketika Anda belajar menggunakan kamus yang tebal (tetapi kamus tetap harus dimiliki), buku latihan grammar yang juga tebal, tulisan yang berurutan,  menghafal irregular verbs dll. Lakukan hal-hal yang kreatif, seperti bermain scrabble bersama teman, membaca cerita yang lucu, membaca komik berbahasa inggris, bermain tebak-tebakan. Intinya buatlah diri Anda terus termotivasi untuk menemukan kata, frasa, dan kalimat-kalimat baru.

3. Bergabung dalam sebuah komunitas percakapan bahasa Inggris.
Kendala belajar sering terjadi saat Anda sudah mempelajari banyak kata dan kalimat, atau mempelajari ratusan latihan grammar, tetapi Anda tidak pernah menggunakannya untuk berkomunikasi. Ingatan Anda tentang bahasa Inggris akan hanya sebatas pelajaran, bukan pengalaman. Pengalamanlah yang akan membentuk kebiasaan Anda.

Dalam salah satu program di Belajar Bahasa Inggris Mandiri (BBIM) kami juga menyediakan sarana latihan ini melalui BBIM TCC (Text Conversation Class). Program ini melengkapi Ebook BBIM dan blog BBIM yang sedang Anda baca ini. Dengan bergabung di BBIM TCC Anda akan punya sarana latihan dan sparring partner, juga tutor yang akan memberikan wawasan, latihan, motivasi dan juga koreksi. Dengan demikian meskipun terasa flexible dan non formal, Anda akan tetap terarah secara alamiah.

Untuk bergabung di BBIM TCC Silakan hubungi kami di hp/WA 085790968752.

http://ebookbelajarbahasainggrismandiri.weebly.com/bbim-tcc.html


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waktu yang diperlukan untuk Belajar Bahasa Inggris"