Perlu dibaca

Cara mudah melatih Pronunciation (Pengucapan) Bahasa Inggris

Cara mudah melatih Pronunciation (Pengucapan) Bahasa Inggris

Pronunciation (pengucapan) merupakan pelajaran yang cukup menantang bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa ke-2. Kesulitan mengucapkan sesuai dengan cara penutur asli (native speaker) mengucapkan sebuah kata atau kalimat, sering membuat seorang pembelajar merasa terhambat dan mengurangi rasa percaya dirinya ketika terlibat dalam sebuah percakapan bahasa Inggris.



Apakah seorang pembelajar bahasa Inggris harus memiliki pronunciation yang sempurna seperti native speaker (penutur asli) bahasa Inggris ? Dan kalau tidak, apakah itu artinya kita memiliki "bad English?"

Karena salah satu kesulitan/hambatan dalam belajar bahasa Inggris adalah masalah kepercayaan diri, maka hal yang perlu diingat adalah bahwa seorang pembelajar bahasa Inggris tidak harus mengejar kesempurnaan dalam tahapan belajarnya, tetapi sebaiknya mengejar kemampuan untuk mengucapkan/melafalkan sejelas mungkin, sehingga bisa dipahami oleh siapapun yang mendengarnya, termasuk ketika berbicara dengan penutur asli karena tujuan belajar bahasa adalah bisa berkomunikasi dan mampu menjelaskan maksud/tujuan kita dalam bahasa tersebut dan bisa dimengerti oleh yang mendengarnya.

Jika kita bisa berada dalam tujuan ini, maka kepercayaan diri dalam berbicara akan meningkat, karena beban untuk harus persis sama seperti native speaker bisa dihilangkan. Bukan berarti berusaha persis adalah salah, tetapi "speak clearly enough to be understood" adalah tujuan yang lebih mudah dicapai, dan membuat kita lebih "pede" dalam berbicara.

Berikut ini adalah cara melatih pronunciation/pelafalan bahasa Inggris yang cukup efektif :

Gunakan rekaman!

Gunakan recorder, kemudian ucapkan beberapa kata dan kalimat atau baca sebuah paragraf dan dengarkan kembali beberapa kali. Hal ini berguna untuk memahami diri sendiri, mendengar suara dan cara kita mengucapkan. Setelah itu coba nilai, apakah apa yang kita ucapkan tersebut terdengar aneh atau tidak bagi diri sendiri ? Maksud saya, apakah BBIM friends merasa aneh atau tidak ketika mendengarnya ? Coba bandingkan dengan penutur aslinya dan coba dengarkan suara (sound/bentuk suara) dari penutur aslinya kemudian tirukan sebisa mungkin, dan rekam kembali kemudian dengarkan.

Setiap guru bahasa Inggris di manapun diseluruh dunia, akan mengatakan bahwa pelatihan pronunciation adalah sebuah perjalanan yang panjang. Hal yang tidak bisa disempurnakan dalam waktu 1 minggu. Memerlukan latihan berulang-ulang dan harus setiap hari dilakukan jika kita ingin mencapainya dengan lebih cepat.

Mungkin kita bisa dengan sempurna mengucapkan satu kata seperti "do"- "walk" - write" tetapi pronunciation biasanya akan kembali mengikuti lafal bahasa ibu ketika kita terlibat dalam percakapan nyata yang berlangsung cepat. Hal ini bisa kita lihat bagaimana orang Jepang, China Meksiko berbicara bahasa Inggris yang begitu kental dengan aksen dan pelafalan bahasa mereka sendiri.
Jadi jangan terlalu khawatir jika belum sempurna, sebaliknya lakukan latihan berulang dengan membaca sebuah paragraf atau potongan sebuah lagu dan lakukan berulang, rekam dan nilai apakah pengucapan kita sudah cukup jelas untuk bisa dimengerti oleh siapapun yang mendengarnya.

Jika BBIM Friends sulit untuk mendapatkan sebuah paragraf untuk latihan yang lengkap dengan sound, maka cara yang lebih mudah adalah dengan berlatih dengan lagu. Dengarkan suara dan pronunciation dari sebuah lagu dan coba tirukan sejelas mungkin. Lakukan tiap hari, setidaknya 1 jam sehari, mungkin sekitar 15 menit di pagi hari, 15 menit di siang hari, 15 menit ketika waktu luang entah itu di antrian, di kemacetan jalan, dan 15 menit di malam hari.

Cara lain yang mungkin kelihatannya seperti gurauan, tidak baku,  lol, dan tidak serius tetapi sebenarnya cukup efektif  adalah dengan menuliskan bunyi yang kita dengar sesuai dengan bunyi kata-kata tersebut dengan cara penulisan sesuai kaidah bahasa Indonesia seperti berikut ini (Dalam konteks belajar bahasa inggris secara mandiri) :
  • Writing : Good morning
    Slowly : gut-mo:-ning
    Faster : gumon(I)ng

    Writing : Good afternoon
    Slowly : gut-aftenun
    Faster : gudafnun

    Writing : Good evening
    Slowly : gut-ivening
    Faster : gudifning

    Writing : Good night
    Slowly : gut-nait
    Faster : g'nait

    Writing : What time is it?
    Slowly : wot-taim-is-it?
    Faster : wotemsit?

    Writing : What is your name?
    Slowly : wot-is-your-nem?
    Faster : wodsjurnem?

    Writing : I am fine
    Slowly : Ai-yem-fain
    Faster : em'fain

    Writing : I am ok
    Slowly : Ai-yem-oke
    Faster : em'ke

    Writing : I am very well, thank u
    Slowly : Ai-yem-veri-whel, teng-kyu
    Faster : em'fer(I)whel, ten'qiu

    Writing : I am well
    Slowly : Ai-yem-whel
    Faster : em'whel

    Writing : Not so bad
    Slowly : Not-so-bed
    Faster : not'sebed

    Writing : That is good (itu bagus)
    Slowly : ded-is-gut
    Faster : ded'sgut

    Writing : How much? (Berapa harganya/berapa banyak?)
    Slowly : hou mats?
    Faster : homats?

    Writing : How many? (Berapa jumlahnya?)
    Slowly : Hou meni?
    Faster : homeni?

    Writing : Be careful (hati-hati)
    Slowly : bi- ke(r)ful
    Faster : bikeful

    Writing : I want this (Saya ingin ini)
    Slowly : ai-won-dish
    Faster : awondish

    Writing : Be careful driving! (Hati-hati menyetir!)
    Slowly : bi-ke(r)ful drai-fing
    Faster : bikeful draifin'

    Writing : I ate already (saya sudah makan)
    Slowly : ai-e't-ol-rei-di
    Faster : aet'olredi

    Writing : I don't speak very well (saya tidak berbicara dengan baik).
    Slowly : ai-dont-spik-veri-whel
    Faster : a'donspik-fer(I)whel

    Writing : don't worry
    Slowly : dont-wo-ri
    Faster : dontwo(r)'I

    Writing : Good idea! (ide yang bagus!)
    Slowly : gut-ai-die (huruf e sperti e dalam kata "pelan."
    Faster :gutadie

    Writing : He's right (dia benar)
    Slowly : his-rait
    Faster : hisret

    Writing : What are you doing?
    Slowly : whot-a-yu-duing
    Faster : whotayudwing?

Cukup mudah ya?  Berikan pendapat BBIM Friends tentang bentuk latihan seperti ini di kolom komentar,  dan bagi yang sudah memiliki ebook BBIM atau sudah bergabung dengan BBIM TCC, ebook dengan topik  ini akan segera saya kirimkan via email kalau sudah selesai dikerjakan (maaf molor terus penggarapannya).

Selamat berlatih.





Comments