Perbedaan Makna kata Big dan Great

Perbedaan kata Big dan kata Great
Big and Great - Photo : lingualift.com
Dalam proses belajar bahasa Inggris sebagai bahasa ke-2, proses menerjemahkan merupakan bagian dari belajar. Tetapi penting untuk diketahui bahwa untuk bisa berbicara bahasa Inggris secara alami seperti seorang penutur asli (native speaker) kita tidak bisa terus dalam tingkat kemampuan berbahasa Inggris dengan cara menerjemahkan. Kita harus "mengerti" bahasa Inggris, bukan menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya. Tentunya ini adalah sebuah proses yang sangat panjang, tetapi bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk dicapai.



Pada waktu BBIM Friends sedang berbicara dengan bahasa Indonesia atau bahasa ibu, apakah BBIM Friends menerjemahkan ? Tentunya tidak bukan ? BBIM Friends langsung mengucapkan sebuah bunyi yang disebut dengan kata dan kalimat dalam bahasa Indonesia, tanpa proses menerjemahkan dari bahasa apapun. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Karena BBIM Friends "mengerti" bahasa Indonesia.

Jadi untuk bisa berbicara secara alami dalam bahasa Inggris, kondisi seperti itulah yang harus menjadi tujuan kita belajar. Bukan sekedar hafal sekian banyak kata, frasa, klausa, dan kalimat, tetapi memahaminya dengan benar, dan menjadikan kata-kata tersebut sebagai bagian dari sistem bahasa di otak kita. Sehingga bahasa Inggris yang sedang BBIM Friends pelajari bisa secara otomatis digunakan dalam setiap situasi. Hal inilah yang disebut dengan "Learn deeply speak easily."

Jadi seseorang yang benar-benar fasih dalam sebuah bahasa, adalah orang yang telah melewati proses menerjemahkan ketika menggunakan suatu bahasa. Kata-kata menjadi sebuah ekspresi, menjadi alat dari diri sendiri untuk mengungkapkan maksud dan tujuan dan mempertanyakan apa yang tidak diketahuinya, Jadikan hal ini sebagai tujuan dalam belajar Bahasa Inggris, maka BBIM Friends akan menemukan banyak hal menarik sepanjang proses untuk mencapai hal tersebut. Bahasa adalah sebuah dunia yang unik, penuh misteri, dan merupakan hal yang berhubungan erat dengan keberlangsungan hidup kita sebagai manusia dan makhluk hidup.

Hari ini kita akan coba mempelajari secara lebih detail mengenai dua kata yaitu kata "BIG" dan kata "GREAT."

Dalam bahasa Indonesia dua kata ini bermakna sama yaitu "Besar" atau dengan padanan kata yang lain "Agung"

Kata Great bisa berfungsi sebagai :

Adjective (kata sifat) : menyatakan ukuran sebuah benda yang berukuran besar, menyatakan sesuatu yang agung, hebat, utama, orang pertama, ahli, sebuah situasi yang menyenangkan atau kondisi yang diterima dengan baik  (It was just great).

Noun (kata benda) : Great-ness (kebesaran/keagungan/kehebatan). Tetapi Great (saja) sebagai kata benda bermakna sebagai orang yang sangat sukses/orang yang terhormat/orang yang sangat ahli dalam sebuah bidang (Merriam-Webster). E.g : This is a tribute to the greats of football.

Adverb (Kata keterangan) : Sebagai kata keterangan great bermakna "very well" (sangat bagus). Atau sesuatu yang dilakukan dengan cara yang sangat bagus. (Keep up the good work, You"re doing great!).

Kata Big bisa berfungsi sebagai :

Adjective (kata sifat) : bermakana besar dalam ukuran, jumlah, melibatkan banyak orang atau benda. Bentuk yang lain dari kata ini dalah big-ger, big-gest.
Big-ly = kata keterangan (adverb). Big-ness = kata benda (noun).
E.g : A big glass of tea. He bought a bigger bus. The biggest house of the town.

Adverb (Kata keterangan)
Sebagai kata keterangan BIG memiliki makna "dengan cara yang besar/hebat." Atau sebuah cara yang dilakukan untuk membuat orang terkesan.
Contoh : He talks big about his plans, but he hasn't done much yet.

Noun (kata benda)
Sebagai kata benda Big bermakna sebagai individu atau organisasi penting dan mempunyai kekuatan yang penting atau menentukan.
Contoh : She's now one of the bigs in that company.

Dalam penggunaan sehari-hari, sering dikatakan bahwa "big" biasanya digunakan untuk menunjukkan besarnya sesuatu, dan "great" digunakan untuk menunjukkan kebesaran atau keagungan seseorang. Tetapi dalam penggunaan oleh penutur asli (native speaker) tidaklah selalu begitu. Pemakaian kedua kata tersebut mempunyai makna tergantung pada konteksnya. Contoh :
"The great scientist doesn't think that tigers are great cats."
Great scientist artinya ilmuwan besar, tetapi mengapa contoh di atas menyebut "great cats?" bukan "Big cats?"
Dalam penggunaan oleh penutur asli, mereka menggunakan kata "great" sebagai kata ganti "big."untuk membandingkan besar benda yang sejenis.

Kemudian coba renungkan juga perbedaan dua kata berikut ini :
Big company atau great company ?
Kedua kata ini bisa digunakan untuk menyatakan kondisi dari sebuah perusahaan yang dimaksud. Big company adalah perusahaan besar yang memiliki lawan kata yaitu perusahaan kecil. Sedangkan Great company sering digunakan untuk menyatakan sebuah perusahaan ternama, hebat, memiliki reputasi bagus dan mempunyai banyak cabang.

Kata "The great house on the estate" bukan saja diartikan sebagai rumah besar di sebuah perumahan, tetapi juga diartikan sebagai rumah utama.

Perhatikan kata berikut ini :
He is a great boxing fan who is great at algebra and facing one great crisis after another.
Kata great yang pertama artinya antusias/bergairah. Kata great yang ke-2 artinya pandai sekali. Dan yang ke-3 artinya big/besar.

Bentuk pemikiran seperti di atas, dengan merenungkan sebuah kata, mendalaminya, dan menemukan makna-maknanya dalam konteks, serta bagaimana kata tersebut digunakan oleh penutur asli, akan membantu seorang pembelajar bahasa mendaptkan pemahaman lebih banyak dan akhirnya proses tersebut akan memberikannya pengertian terhadap sebuah kata secara mendalam, dan dengan latihan yang cukup, kata tersebut akan  bisa digunakan secara tepat dalam percakapan sesuai dengan kondisi yang terjadi.

Lakukan latihan seperti ini jika BBIM Friends suka dan cocok dengan gaya belajar BBIM Friends. Terdapat banyak cara dan ini salah satu cara untuk learn deeply, speak easily.

Pelajari kalimat di bawah ini :

"My brother is a big boy now. He is big in body and mind. He is big on meat and potatoes. He has a big voice. He is also a big talker and he acts big as well."

Selamat mempelajari, Learn Deeply, Speak Easily.

Follow : Frasa Bahasa Inggris



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Makna kata Big dan Great"