Perlu dibaca

Memahami konteks Bahasa Inggris dengan “Efek Smurf”

http://www.belajarbahasainggrismandiri.com/2016/11/memahami-konteks-bahasa-inggris-dengan-efek-smurf.html
Konteks bahasa Inggris dengan efek smurf
Belajar bahasa Inggris atau suatu bahasa pasti tidak lepas dari konteks. Konteks adalah keseluruhan arti yang bisa dipahami ketika sebuah kata berada di dalam sebuah kalimat yang berada di dalam sebuah konteks.



Definisi konteks adalah sebagai berikut :

Konteks adalah kondisi di mana suatu keadaan terjadi.
Konteks fisik meliputi ruangan, obyek nyata, pemandangan dll. Konteks menurut faktor sosio-psikologis menyangkut faktor-faktor seperti status orang-orang yang terlibat dalam hubungan komunikasi, peran mereka, dan tingkat kesungguhannya. Konteks berdasarkan waktu atau tempo suatu konteks meliputi hari dan rentetan peristiwa yang dirasakan terjadi sebelum peristiwa komunikasi. (Wikipedia)

Dalam memahami bahasa inggris kita juga akan berhadapan dengan konteks. Arti suatu kata bisa berbeda tergantung pada konteks yang mengikutinya. Bagaimana kita bisa meningkatkan kepekaan akan konteks ini dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris ? Cara yang paling umum adalah dengan banyak membaca entah itu artikel, buku, atau novel. Dalam sebuah paragraf, halaman, dan buku terdapat banyak konteks yang harus dipahami agar suatu maksud bisa dipahami.

Cara lain yang cukup menarik untuk dilakukan adalah cobalah sekali-sekali membaca komik SMURF.

Komik Smurf adalah komik yang berasal dari Belgia dan ditulis oleh Peyo, sedangkan serial animasinya diproduksi oleh Amerika Serikat dengan jumlah total 420 episode. Serial animasi SMURF pernah ditayangkan oleh NBC, Toon Disney, Cartoon Network, dan Boomerang sejak 12 September 1981-25 Agustus 1990.

Yang menarik dari komik Smurf ini adalah dialog yang terjadi antar karakter dalam kisah Smurf. Dialog dalam dunia Smurf memiliki ciri khas penggantian suatu kata dari sebuah kalimat dengan menggunakan kata SMURF.

Smurf bisa berarti apa saja. Kadang bisa berlaku sebagi kata kerja, kata benda, kata sifat, kata keterangan. Sehingga membaca komik Smurf akan membuat kita berusaha menerjemahkan arti kata “Smurf” tersebut berdasarkan konteks kalimatnya.

Smurf memiliki vocabulary/kosa kata khusus yang berpusat pada kata “SMURF.” Kata yang sering muncul dalam dialog keseharian mereka adalah Smurfy, smurfily, smurf, smurfness. Meskipun tidak pernah jelas arti kata-kata tersebut dan bisa berarti apapun dan segala sesuatu. Tetapi dengan membaca keseluruhan konteks kalimat, maka pembaca akan bisa meraba-raba apa kira-kira makna yang dimaksud dalam percakapan tersebut.

Perhatikan contoh kalimat berikut ini :
  • Have you been smurfed lately ?
  • He who smurf last, smurf best.
  • You were too busy smurfing others.
  • A smurf in times saves nine.
  • Seems I have smurf idea for you.
  • Thanks for your coming to smurf my english lesson.
  • Cause Smurfin don’t want to be a model so I smurf this fruits.
  • If I smurf this, I will smurf a little the other parts with smurf so it will be more smurf.
Tetapi ada keunikan juga dalam bahasa Smurf ini yang oleh seorang penulis di historeo.com disebut dengan “Smurf effect.” Yaitu ketika semakin banyak arti yang diberikan dalam satu kata “Smurf” maka maknanya akan semakin sedikit dan akhirnya tidak akan memiliki arti sama sekali. Atau ketika semua arti dipadatkan dalam sebuah kata, maka kata tersebut cenderung akan kehilangan maknanya.

Ketika sebuah kata di dunia nyata mengalami hal ini, maka bisa dikatakan bahwa kata tersebut telah mengalami “smurfed.” Menghilangkan maknanya dan membuat sebuah dialog tidak lagi bermakna.

Elastisitas sebuah kata ternyata memiliki keterbatasan untuk dimaknai dengan benar.

Karena pemahaman kata dalam bahasa Inggris juga selalu berkaitan dengan konteks maka tidak ada salahnya BBIM Friends mencoba memahami konteks dengan sering membaca komik Smurf. Usahakan membaca dalam edisi bahasa Inggrisnya. Cerita-cerita dalam komik Smurf cukup menghibur dan bisa mempeluas pemahaman tentang konteks kalimat.
Selamat Smurf bahasa Inggris !





Comments