Belajar Bahasa Inggris 1775 jam

http://www.belajarbahasainggrismandiri.com/2016/12/belajar-bahasa-inggris-1750-jam.html
 Waktu Belajar Bahasa Inggris
Berikut ini adalah cuplikan salah satu pembahasan yang terdapat dalam ebook BBIM terbaru yang penulisannya tertunda terus selama berbulan-bulan karena kendala kesibukan dan juga mood. Ketika saya tulis artikel ini, ebook juga belum kelar, tetapi saya ingin membagikan informasi yang mudah-mudahan bisa menginspirasi BBIM Friends untuk meningkatkan jumlah waktu dalam belajar bahasa Inggris.

http://ebookbelajarbahasainggrismandiri.weebly.com
Seri Ebook BBIM - Tarzan Way
Simak pemikiran berikut ini (diambil dari Ebook BBIM Terbaru - Mengungkap Rahasia Penting untuk belajar bahasa Inggris secara Mandiri :

Mengenang masa-masa belajar bahasa Inggris di sekolah

Sebagian besar dari kita mengenal dan mulai mempelajari bahasa Inggris secara formal ketika memasuki bangku sekolah. Ada yang memulainya ketika sekolah menengah pertama ada juga yang sudah memulainya ketika menginjak bangku Sekolah Dasar. Dan di era sekarang bahasa Inggris bahkan sudah diajarkan sejak pre school / PAUD.

Di masa tersebut kita mulai mengenal kosa kata bahasa Inggris. Kemudian mengenal struktur bahasa Inggris, membuat kalimat, membaca, mendengar, dan belajar bagaimana bercakap-cakap dalam bahasa Inggris.

Berbagai jenis kata, kalimat, dan tenses dalam pelajaran tata bahasa kita pelajari satu per satu, tahap demi tahap, mengerjakan tugas-tugas di sekolah, dengan tekun mengerjakan PR yang diberikan guru bahasa Inggris, menghadapi ujian demi ujian yang berbentuk ulangan harian, ulangan umum, UTS, UAS, UAN dan sebagainya. Coba Anda renungkan dan ingat-ingat masa-masa tersebut. Putar kembali waktu yang sudah Anda jalani tersebut. Terasa pahit, getir dan manisnya saat-saat tersebut bukan ?

Anda akan ingat saat-saat ketika Anda begitu penuh semangat, ada juga masa-masa ketika pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran hantu yang menakutkan selain matematika.

Saya ingat ada beberapa teman, dan beberapa tahun kemudian juga beberapa murid yang menanyakan kepada saya, apakah ada jurusan sekolah yang tidak perlu berhubungan dengan matematika dan bahasa Inggris ? Hahaha….begitu “momoknya” pelajaran-pelajaran tersebut di masa sekolah kita semua.

Dan pelajaran Bahasa Inggris terus mengikuti kita sejak dari Sekolah Dasar, naik ke tingkat SMP masih ketemu juga, SMA tambah lagi bebannya, kuliah….apapun jurusannya eh ternyata masih ketemu juga dengan bahasa Internasional ini.

Jika kita anggap rata bahwa murid sekolah di Indonesia mulai mendapatkan pelajaran bahasa Inggris sejak kelas 3 sekolah dasar, maka kita akan mendapatkan angka sebagai berikut untuk waktu yang sudah kita tempuh dalam mempelajari bahasa Inggris.
Misal dalam satu minggu kita bertemu dengan pelajaran bahasa Inggris selama 3 jam, maka kita bisa hitung sebagai berikut :

  • Sekolah dasar : 4 tahun = 50 minggu x 4 = 200 minggu x 3 jam = 600 jam pelajaran bahasa Inggris selama sekolah dasar
  • Sekolah menengah pertama : 3 tahun = 50 minggu x 3 = 150 minggu x 3 jam = 450 jam pelajaran bahasa Inggris selama sekolah menengah pertama.
  • Sekolah menengan atas : 3 tahun = 50 minggu x 3 = 150 minggu x 3 jam = 450 jam pelajaran bahasa Inggris selama sekolah menengah atas.
  • Masa kuliah umumnya sekitar 2-3 sks selama 2 smester (tidak termasuk yang kuliah jurusan bahasa Inggris). 1 sks = 45 menit, 3 sks = 2 jam 45 menit / minggu x 2 smester = 5 jam 30 menit x 50 minggu = 275 jam pelajaran bahasa Inggris selama kuliah.

Jadi jumlah total jam yang sudah kita pergunakan untuk belajar bahasa Inggris secara formal selama 11 tahun adalah kurang lebih 600+450+450+275 jam = 1775 jam.

Jika setelah lulus kuliah Anda tidak lagi terhubung dengan bahasa Inggris maka pengetahuan bahasa Inggris anda adalah senilai dengan 1775 jam belajar. Sedangkan jika 11 tahun kita konversikan ke jam kita akan mendapatkan bahwa 1 tahun = 365x24 jam = 8760 jam x 11 tahun = 96.360 jam.

Bila angka ini kita lihat dalam prosentase, maka dalam waktu 11 tahun yang kita lalui sejak kelas 3 SD, waktu yang kita gunakan untuk belajar bahasa Inggris adalah sebesar 1775jam/96360 jam = 1.8 % !

Meskipun angka di atas adalah angka rata-rata tetapi setidaknya memberikan gambaran dan sekaligus jawaban mengapa setelah 11 tahun kita menempuh pendidikan formal kita belum fasih berbahasa Inggris sefasih native speaker (penutur asli). Dan ini bisa mengurangi rasa bersalah kita jika kita diperhadapkan dengan realita yang berhubungan dengan penilaian kemampuan berbahasa Inggris .

Yang perlu dipikirkan sekarang adalah apa metode paling efektif  jika kita tetap harus mengandalkan angka 1,8% dalam belajar bahasa Inggris di saat kita setidaknya memerlukan sekitar 10.000 jam untuk bisa menjadi master di suatu bidang (The Outliers – Malcolm Gladwell).

Apakah angka 1,8% ini sesuatu yang negatif ? Tidak, karena dengan 1,8% yang efektif, akan lebih dari cukup untuk memberikan dasar yang baik bagi pembelajaran bahasa Inggris lebih lanjut secara informal (mandiri) ataupun melalui jalur formal secara lebih serius.

(Bersambung di Ebook)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Bahasa Inggris 1775 jam"