Formula Ajaib Belajar Bahasa Inggris

http://www.belajarbahasainggrismandiri.com/2017/04/formula-ajaib-belajar-bahasa-inggris.html

It's time to breakfast atau It's time to have breakfast ?

Kata "breakfast" dalam kamus manapun dikelompokkan sebagai verb (kata kerja) dan juga sebagai noun (kata benda). Karena hal tersebut pengguna Bahasa Inggris sering menggunakan frasa ini :
It's time to breakfast



Dalam frasa di atas kata breakfast berfungsi sebagai kata kerja (verb) = ini waktunya makan pagi.

Tetapi jika kita mengatakannya kepada seorang penutur asli Bahasa Inggris, mungkin mereka akan paham makna dari frasa tersebut, tetapi tetap terdengar aneh bagi telinga mereka karena bentuk seperti ini tidak mereka gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Bentuk dan struktur dari frasa di atas tidak salah secara gramatikal, tetapi juga tidak lazim digunakan oleh native speaker. Untuk frasa tersebut, seorang native speaker akan mengatakan :
"It's time to have breakfast" atau "It's time to eat breakfast"
Dengan bentuk seperti itu maka kata breakfast berfungsi sebagai kata benda.

Jadi hal ini membuktikan bahwa apa yang secara gramatikal (tata bahasa) benar, tidak selalu bisa diterima oleh native speaker. Dan hanya native speaker yang bisa menentukan apakah sebuah frasa/kalimat adalah alami/natural bagi telinga mereka.

Ini sama seperti ketika kita mendengar orang asing yang menggunakan bahasa Indonesia yang secara grammar (tata bahasa) benar, tetapi tidak lazim kita gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Misalnya ada seorang native speaker yang ingin mengatakan : "Would you raise your hand higher?" dan dia mengatakannya dalam bahasa Indonesia seperti ini : "Maukah kamu menjunjung tanganmu lebih tinggi?"

Struktur dari frasa di atas adalah 100% benar dalam tata bahasa Indonesia, tetapi tidak lazim/natural digunakan dalam percakapan sehari-hari, oleh karenanya menjadi aneh ketika diucapkan.

Oleh sebab itu, ketika kita mempelajari Bahasa Inggris kita tidak bisa menempatkan harapan kita untuk bisa bicara lancar pada sebuah rumus baku di mana kita bisa menggunakannya untuk semua kalimat berdasarkan kaidah bahasa Indonesia. Misalnya kita menghafal rumus present tense S+V1+O/S+V1+To+V1+O dan mengharapkan semua kalimat bisa dibentuk dengan rumus tersebut tanpa berusaha mengetahui kalimat-kalimat dan frasa-frasa natural yang digunakan oleh seorang native speaker.

Ketika hal itu terjadi, maka kita mengalami hambatan untuk berkomunikasi, atau kita merasa sudah lama belajar bahasa Inggris, tetapi belum juga bisa paham ketika native speaker bicara entah itu di film, televisi atau kehidupan nyata. Atau kita mengalami bahwa kata-kata yang kita ucapkan dalam bahasa Inggris bernuansa aneh bagi seorang native speaker.

Semua struktur dasar dalam grammar (Tata Bahasa Inggris) harus dikuasai dengan baik, tetapi petualangan kita dalam mempelajari bahasa Inggris harus melebihi pencarian kita akan sebuah formula atau teknik ajaib untuk bisa menguasai dan bercakap-cakap lancar dalam bahasa Inggris. Selama kita mengharapkan sebuah formula ajaib dalam belajar Bahasa Inggris, maka kita akan mendapatkan bahwa pengejaran kita akan formula tersebut adalah sia-sia karena bahasa bukanlah Matematika, dan kita bisa menguasai Bahasa Ibu kita bukan dengan sebuah formula, tetapi dengan kebiasaan berbicara dalam bahasa tersebut.

Bahasa sebagai alat komunikasi merupakan sesuatu yang tidak bisa diprediksi ketika digunakan dalam dunia nyata. Oleh sebab itu untuk bisa berbicara lancar dalam bahasa ini kita harus menyelam lebih dalam dan mengalami bahasa Inggris atau bahasa asing setiap hari secara alami.

Apakah itu harus? Jika kita ingin 'speak fluently in English' maka usaha untuk mencapai hal tersebut harus dilakukan. Bahasa adalah sebuah alat penunjang kehidupan dan bukan sebuah knowledge (pengetahuan), kita menggali dan memahami knowledge/pengetahuan dengan menggunakan language/bahasa. Jadi tujuan kita dalam belajar bahasa Inggris bukan lagi mengejar pengetahuan bahasa Inggris, tetapi tujuan kita adalah menempatkan dan menyematkan alat ini dalam sistem bahasa di dalam diri kita.

Learn Deeply Speak Easily

Join BBIM TCC 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Formula Ajaib Belajar Bahasa Inggris"