Pelajaran 184 : Cara Memilih Bentuk Future Tense Yang Tepat

Cara Memilih Bentuk Future Tense

Memilih Bentuk Future Tense Yang Tepat

Future tense dalam bahasa Inggris adalah tenses yang digunakan untuk mengekspresikan kegiataan/kejadian yang akan terjadi di masa depan. Tenses ini relatif mudah dipahami oleh pembelajar bahasa Inggris pada umumnya. Tetapi seringkali terjadi kesalahan atau permasalahan dalam pemilihan bentuk yang tepat dari future tense yang digunakan.



Ketika kita berbicara tentang masa depan/aktivitas di masa depan, maka kita akan mendapatkan realitas sebagai berikut :
  1. Aktivitas di masa depan yang tidak diketahui/ tidak pasti.
  2. Aktivitas di masa depan yang diketahui/agak pasti.
  3. Aktivitas di masa depan yang sudah direncanakan/pasti.
  4. Aktivitas di masa depan yang sudah sangat pasti.
Dalam pelajaran sebelumnya kita mengetahui bahwa untuk mengekspresikan ke empat hal di atas kita menggunakan bentuk sebagai berikut :
  1. S (I, you, they, we, he, she, it) + shall
  2. S (I, you, they, we, he, she, it) + will
  3. S (I, you, they, we, he, she, it) + be going to
  4. S (I, you, they, we, he, she, it) + be + V1 + ing

Contoh penggunaan future tense:

I shall go to the doctor.
Klausa ini mengekspresikan suatu kegiatan yang seharusnya terjadi di masa depan, tetapi subyek belum punya rencana/kehendak (intention) untuk melakukannya.

I will go to the doctor.
Klausa ini mengekspresikan bahwa subyek mempunyai kehendak untuk pergi ke dokter, tetapi entah itu terjadi di masa depan atau tidak sifatnya belum pasti (bisa batal karena beberapa hal/situasi).

I am going to go to the doctor.
Klausa ini mengekpresikan kegiatan di masa depan yang sudah direncanakan dan 99% pasti akan dilakukan.

I am going to the doctor.
Klausa ini diekspresikan dengan bentuk present continuous tense (sedang berlangsung), artinya apa yang direncanakan oleh subyek, sudah sangat pasti (100%) dilakukan di masa depan.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan future tense yang benar secara gramatikal, tetapi mempunyai makna yang salah / tidak natural.

She is going to know in a minute.
Arti dari klausa di atas adalah "Ia akan tahu dalam beberapa menit". Kalimat ini benar secara gramatikal, tetapi maknanya membingungkan, karena bagaimana mungkin seseorang bisa merencanakan secara pasti untuk mengetahui hal yang tidak ia ketahui dalam timelinenya?

You are taking your medicine every three hours !
Bentuk yang lebih tepat dari klausa di atas seharusnya menggunakan bentuk present tense, bukan future tense :
You should take your medicine every three hours!
You ought to take your medicine every three hours!

I'm going to come with you if you like.
Bentuk yang lebih tepat adalah : I will come with you if you like. Karena kalimat ini adalah kalimat pengandaian (conditional sentence tipe 1). Jika kita menggunakan "be going to" akan bermakna membingungkan (lihat makna "be gong to" dalam future tense dalam keterangan di atas).

Sometimes the baby is going to cry for hours on end.
Apakah si bayi bisa menjadwalkan dengan tepat (is going to cry) kapan ia harus menangis atau tidak?

Dan masih banyak contoh lain yang bisa kita temui jika kita memperhatikan bentuk ini dalam penulisan atau percakapan sehari-hari.

Untuk bisa menggunakan bentuk yang tepat dari future tense tentunya diperlukan latihan yang berulang sehingga kepekaan dan "feeling" akan terbentuk melalui latihan dan pengalaman dalam menggunakan bentuk-bentuk tersebut. Atau gunakan peraturan emas sebagai berikut :
  • Hati-hati dalam penggunaan bentuk "be going to". Bentuk ini terlihat bisa digunakan untuk semua situasi Future tense, tetapi bisa memiliki makna yang salah.
  • Jika benar-benar bingung harus menggunakan bentuk yang mana, gunakan saja "will" (S + will + V1). Makna dari "will" bisa dipahami dan dinterpretasikan secara netral dalam future tense. Ketika kita menggunakan "will", orang akan cukup paham bahwa Anda punya "intention" untuk melakukan hal tersebut, dan cukup maklum juga bahwa hal tersebut bisa terjadi (dilakukan) dan bisa juga tidak.
Join BBIM TCC


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajaran 184 : Cara Memilih Bentuk Future Tense Yang Tepat"