Pelajaran 185 : Memahami Perbedaan Experience dan Experiences

Perbedaan kata experience dan experiences

Perbedaan Experience dan Experiences

Experience adalah kata benda (noun) yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah pengalaman. Kata ini seringkali menimbulkan keraguan dalam penggunaanya baik dalam percakapan atau penulisan bahasa Inggris. Pembelajar bahasa Inggris seringkali bingung ketika berhadalan dengan kata "an experience" dan "experience. An experience mengindikasikan bahwa ada kemungkinan lebih dari satu "experience." Pertanyaannya adalah kapan kita menggunakan "experience" dan kapan menggunakan "experiences" jika yang dimaksud adalah lebih dari satu "experience?"



Cara memahami experience dan experiences

Kata experience memiliki lebih dari satu arti yaitu :
1. Experience yang berfungsi sebagai kata benda yang bisa dihitung (Countable noun).
Contoh :
  • He had a useful experience at the office yesterday.
Dalam kalimat ini experience adalah sebuah peristiwa/kejadian yang dialami dan bisa menjadi kenangan/hal yang diingat oleh subyek. Jenis kejadian/peristiwa/pengalaman seperti ini tergolong sebagai sesuatu (kata benda) yang bisa dihitung dan karenanya bisa digunakan dengan quantifier seperti an, some, two, three etc.
  • Swimming across Madura strait was an experience that I'll never forget.
  • I had some interesting experiences with web designers.
Jenis experience yang bisa dihitung ini (the countable experience) bisa merupakan satu (1) peristiwa di masa lalu ataupun beberapa peristiwa. Jika hanya satu peristiwa. maka ditulis dalam bentuk tunggal, jika beberapa peristiwa ditulis/diekspresikan dalam bentuk jamak.

2. Experience yang ke dua adalah experience (n) yang tidak bisa dihitung (Uncountable noun).
Contoh :
  • He has experience with computer programming.
Dalam bahasa Indonesia, kata ini bisa dipadankan dengan kata "berpengalaman." Artinya subyek telah menggunakan/telah mengenal hal-hal yang berhubungan dengan pemrograman komputer selama periode waktu tertentu sehingga dia memiliki pengetahuan (knowledge) tentang hal tersebut. Experience jenis ini tidak bisa dihitung karenanya termasuk dalam the uncountable experience.

The uncountable experience bukanlah sebuah peristiwa/kejadian yang "dialami" oleh subyek, tetapi merupakan sesuatu yang "didapatkan"  oleh subyek setelah beberapa waktu melakukan/mengerjakan/mempelajari suatu hal/bidang. Ini bisa disamakan dengan pengenalan, keahlian, atau pengetahuan dan kita tidak bisa menghitung atau mengukur hal-hal tersebut dengan menggunakan sebuah satuan.
  • She has 20 years of coaching experience.(Artinya subyek memiliki 20 tahun pengalaman dalam bidang pelatihan).
  • He is a good lawyer, he has 25 years experience.
  • He doesnt have any work experience.
Happy learning and get your experience with this word.

More experiences......


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajaran 185 : Memahami Perbedaan Experience dan Experiences"