Tips Belajar Bahasa Inggris : Cara Menciptakan Momentum Belajar Bahasa Inggris

Cara menciptakan momentum belajar bahasa Inggris

Tips Belajar Bahasa Inggris : Hafalkan 1 Cerita Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Belajar Bahasa Inggris adalah proses yang terus menerus dan harus dialami hari demi hari untuk mencapai tujuan yaitu fasih berbahasa Inggris. Dan masalah umum yang ditemui adalah para pembelajar bahasa Inggris mengalami kesulitan untuk mendapatkan rasa percaya diri yang cukup untuk menghilangkan kecemasan dan pikiran tidak bisanya ketika akan berbicara dalam bahasa Inggris.



Kepercayaan diri adalah masalah utama para pembelajar bahasa Inggris. Dalam awal pelajaran di blog ini saya menuliskan bahwa bahasa Inggris bisa menimbulkan perasaan inferior karena bahasa ini sudah terlanjur dianggap sebagai bahasa tingkat tinggi. Sehingga ketika seseorang merasa tidak sempurna, maka dia lebih baik tidak berbicara bahasa Inggris daripada salah dan mendapatkan penghakiman dari lingkungan sekitarnya. Sudah menjadi kejadian yang umum ketika di kelas bahasa Inggris terdengar suara terbahak-bahak ketika seseorang melakukan kesalahan dalam pengucapan atau sulit mengucapkan sesuatu. Situasi ini membuat para pembelajar mengalami semacam ketakutan untuk belajar dengan mencoba sebisa mungkin untuk berekspresi dalam bahasa Inggris.

Sama seperti ketika seorang belajar berenang, orang tersebut tidak akan pernah bisa berenang ketika dia hanya duduk di pinggir kolam, mendengarkan cara berenang dengan berbagai gaya, dan kemudian berdebat tetang gaya berenang mana yang paling baik, ditambah dengan kegiatan mengomentari orang yang sedang berenang. Jika kita ada di kolam renang tanpa masuk ke kolam renang sedikitpun, maka dipastikan sampai kapanpun kita tidak akan bisa berenang. Metode terbaik untuk belajar berenang adalah dengan berenang, dan metode terbaik untuk belajar bahasa Inggris adalah terus terhubung dengan bahasa Inggris setiap hari, mencoba menuliskan, membaca, mendengar, dan mengucapkan. Ketika kita bisa mengucapakan "my name is ...." dengan penuh percaya diri, maka saat itulah kita mulai bisa berbicara dalam bahasa Inggris.

Dan tips berikut ini akan membuat Anda lebih percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris :

Halfalkan 1 paragraf atau 1 topik singkat mengenai sesuatu hal, misalnya tentang sebuah cerita pendek, cara membuat sesuatu atau cara memasak. Hafalkan paragraf tersebut sampai hafal benar di luar kepala, sampai Anda bisa mengucapkannya tanpa berpikir, seolah-olah itu mengalir begitu saja dari mulut Anda. Praktekkan apa yang Anda hafalkan tersebut kepada keluarga atau teman dekat yang bersedia mendengarkan. Dan lihat, ketika Anda bisa melakukan hal ini, maka perasaan "bisa" itu akan muncul. Anda akan mulai memiliki keyakinan, bahwa Anda bisa berbicara panjang lebar dalam bahasa Inggris. Dan ini akan menciptakan sebuah momentum yang akan berimbas pada proses belajar bahasa Inggris di hari-hari berikutnya dengan mempelajari berbagai frasa atau kalimat lainnya.

Berikut ini satu contoh cerita yang bisa Anda hafalkan sebagai cerita pertama yang Anda hafal di luar kepala. Atau Anda bisa mencoba mencari cerita lain yang menurut Anda lebih menarik untuk dihafalkan. Ingat, bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk menciptakan momentum, jadi lakukan yang terbaik agar momentum yang tercipta cukup kuat untuk membuat Anda terus termotivasi di hari-hari berikutnya.

The Golden Egg

Haria, a poor barber
lived alone in his small hut.
He was dedicated to his work.
And whatever he earns
was enough to fulfill his needs.

One evening,
after returning from work,
Haria was hungry.
"What shall I cook tonight?" he thought.
Just then
he heard a hen clucking outside his hut.
"That hen would make a great feast for me,"
thought Haria and prepared to catch the hen.

With a little effort
he was able to catch the hen.
As he was about to kill the hen,
it squaked,
"Please do not kill me, O kind man!
I will help you."
Haria stopped.
Though he was surprised
that the hen spoke, he asked,
"How can you help me?"

"If you spare my life,
I will lay a golden egg everyday for you,"
said the hen.
Haria's eye got widened in delight.
Haria was surprised to hear this promise.
"A golden egg!
That too everyday!
But why should I believe you?
You might be lying,"
said Haria
"If I do not lay a golden egg tomorrow
you can kill me,"
said the hen.
After this promise,
Haria spared the hen
and waited for the next day.

The next morning.
Haria found a golden egg
lying outside his hut
and the hen sitting beside it.
"It is true!
You can really lay a golden egg!"
exclaimed Haria with great delight.
He did not reveal this incident to anyone,
fearing that others
would catch the hen.

From that day onwards,
the hen would lay
a golden egg everyday.
In return,
Haria took good care of the hen.
Very soon, Haria became rich.

But, he became greedy.
He thought,
"if I cut open the hen's stomach,
I can get out all the golden egg at once.
I do not have to wait
for the hen
to lay the golden eggs one by one.

That night
he brought the hen
to the interior portion of his house
and killed the hen.
But to his dismay,
he found no golden eggs.
Not even one.

"What have I done?
My greed had made me kill the hen,"
he wailed.
But it was too late.


Cerita di atas adalah kisah tentang bebek yang bertelur emas. Cerita ini sangat terkenal dan umumnya kita bisa menceritakannya tanpa membaca teks. Dan tentunya akan  lebih mudah menghafal dalam versi bahsa Inggrisnya untuk sebuah cerita yang sudah kita ketahui. Coba hafalkan cerita di atas, buat cerita ini atau cerita lain yang Anda pilih sebagai cerita yang bisa Anda ucapkan dalam bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Penulisan di atas saya tulis dalam bentuk kalimat per kalimat agar lebih mudah dihafal dan Anda bisa mengenali frasa-frasa dan kalimat-kalimat yang membentuk cerita tersebut. Selamat berlatih!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Belajar Bahasa Inggris : Cara Menciptakan Momentum Belajar Bahasa Inggris"